Pengaruh penerapan model VCT (Value Clarification Technique) Terhadap hasil belajar IPS materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Dwi Setiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model VCT (Value Clarification Technique) Terhadap hasil belajar IPS materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Dwi Setiani

Setiani, Dwi (2012) Pengaruh penerapan model VCT (Value Clarification Technique) Terhadap hasil belajar IPS materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Dwi Setiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model VCT Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Permasalahan Sosial Sekolah Dasar. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD sampai SMP yang mengkaji tentang peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pendidikan IPS mempunyai peranan penting dalam mengembangkan pengetahuan nilai sikap dan keterampilan sosial. Jika melihat kebelakang dengan proses pembelajaran selama ini guru masih menggunakan paradigma lama sehingga siswa tidak diberi kesempatan yang bebas untuk mengkreasikan secara aktif ide atau gagasannya. Guru sering melakukan hal-hal berikut misalnya (1) memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa (2) mengkotak-kotakkan siswa berdasar tingkat keberhasilan dalam menghafal dan memacu siswa untuk berkompetisi. Ini berakibat siswa hanya menghafal. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model VCT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian kuasi eksperimen dimana ada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan dijadikan populasi dalam penelitian. Tahap penelitian dengan menerapkan model VCT ada 6 yaitu (1)pemberian stimulus (2) siswa menanggapi stimulus (3) dialog tepimpin (4) menyampaikan pendapat (5) pembahasan stimulus (6) memberikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata 12 12. Keterampilan awal siswa memiliki nilai rata-rata 69.03 kemudian dilakukan perlakuan dengan model VCT sehingga keterampilan akhir siswa menjadi 81.15. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu penerapan model VCT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini berarti bahwa penerapan model VCT dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru untuk menerapkan model VCT dalam pembelajaran karena sesuai dengan hasil penelitian model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS materi mengenal permasalahan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104400

Actions (login required)

View Item View Item