Pemanfaatan media audi visual power point sound slide dalam pembelajaran materi globalisasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang / Dwigita Eva Noviarizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media audi visual power point sound slide dalam pembelajaran materi globalisasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang / Dwigita Eva Noviarizky

Noviarizky, Dwigita Eva (2012) Pemanfaatan media audi visual power point sound slide dalam pembelajaran materi globalisasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang / Dwigita Eva Noviarizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Audio Visual Power Point Sound Slide motivasi hasil belajar PKn. Media memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran terutama untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa dalam menangkap informasi materi pelajaran. Dalam penyampaian materi PKn penggunaan media yang dapat membangkitkan semangat siswa untuk belajar sangat penting untuk diperhatikan. Dari hasil observasi awal ditemukan bahwa pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pemanfaatan media audio visual peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data yang diambil pada penelitian ini merupakan data mengenai pemanfaatan media audio visual power point sound slide dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang data motivasi belajar siswa dan data hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian dengan pemanfaatan media audio visual power point sound slide di kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang menunjukkan bahwa dengan penggunaan media ini motivasi siswa meningkat dari tiap pertemuannya melalui pengukuran skala likert sehingga diperoleh hasil pada siklus I motivasi siswa tergolong kuat dan pada siklus II motivasi belajar siswa menjadi sangat kuat. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata observasi awal 49 4 menjadi 87 16 setelah diberi tindakan. Data tersebut juga sesuai dengan teori yang dikemukakan para ahli yaitu teori motivasi yang dikemukakan Sardiman dan teori mengenai hasil belajar Hamalik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran ternyata sangat mempengaruhi dan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini diharapkan guru bisa lebih kreatif dalam penyajian materi agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Dan pemanfaatan media audio visual ini hendaknya juga lebih diperhatikan lagi dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104398

Actions (login required)

View Item View Item