Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Yeni Yusella - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Yeni Yusella

Yusella, Yeni (2012) Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Yeni Yusella. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis kesalahan penulisan huruf kapital karangan narasi. Siswa dalam menulis baik itu berupa paragraf atau hanya sebuah kalimat sering melakukan kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan. Kesalahan-kesalahan itu antara lain dalam hal pemakaian unit-unit kebahasaan yang meliputi bentukan kata kalimat paragraf ejaan tanda baca dan penulisan huruf kapital yang melanggar kaidah baku bahasa Indonesia sehingga akan menimbulkan bentuk yang tidak diinginkan. Pemakaian bahasa Indonesia tersebut dikatakan melanggar atau menyimpang karena tidak sesuai dengan aturan ragam pemakaian bahasa Indonesia baku. Ragam pemakaian bahasa Indonesia baku merupakan ragam yang dipakai dalam situasi resmi baik secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif obyektif tentang (1) wujud kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang (2) tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang dan (3) faktor-faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Dengan metode ini kesalahan penulisan huruf kapital yang ditulis oleh siswa dapat dijelaskan. Sesuai dengan metode penelitian yang digunakan instrumen penelitian dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri yang dibantu dengan panduan identifikasi dan analisis data sebagai instrumen pembantu. Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini ialah hasil karangan narasi siswa dan kuesioner siswa. Data penelitian ini berupa data tertulis yang mengkaji wujud kesalahan penulisan huruf kapital tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dan faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital yang terdapat dalam karangan narasi yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang. Penganalisisan data dilakukan dengan cara melingkari huruf kapital yang salah dalam karangan narasi siswa kemudian diklasifikasikan atau dikelompokkan sesuai dengan jenis kesalahannya serta dianalisis wujud dan tingkat kesalahan penulisan huruf kapital. Selanjutnya peneliti menganalisis faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital yang terdapat dalam karangan narasi yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan hasil kuesioner siswa. Setelah itu peneliti melakukan penginterpretasian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) wujud kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang antara lain (a) kesalahan penulisan sebagai huruf pertama pada awal kalimat (b) kesalahan penulisan yang digunakan sebagai huruf pertama petikan langsung (c) kesalahan penulisan yang digunakan sebagai huruf pertama nama geografi (nama gunung pantai kota lokasi dan sebagainya) (d) kesalahan penulisan yang digunakan sebagai huruf pertama nama tahun bulan hari hari raya dan peristiwa sejarah (e) kesalahan penulisan yang digunakan sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan yang dipakai dalam penyapaan/pengacuan (2) tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang berjumlah 148 atau sebesar 31% termasuk kategori sedikit akan tetapi 22 dari 26 siswa atau 85% telah melakukan kesalahan penulisan huruf kapital (3) Faktor-faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang sebab (a) ketidaktahuan atau (b) kekhilafan/kekeliruan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) siswa hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam menulis huruf kapital juga dalam pemahaman mengenai unsur kebahasaan yang lain (2) guru hendaknya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain dengan menggunakan metode pembelajaran bervariasi tidak terbatas pada metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu juga lebih banyak memanfaatkan media pembelajaran agar penyampaian materi lebih menarik bagi siswa (3) Kepala Sekolah agar selalu memberikan pengawasan terhadap guru dalam kegiatan pembelajaran sekaligus berupaya mendorong semangat siswa untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar baik dalam berkomunikasi secara lisan maupun tertulis (4) peneliti selanjutnya perlu penelitian lanjutan terutama mengenai metode pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104392

Actions (login required)

View Item View Item