Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan proses menulis di kelas IV SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar / Erika Puspitasari

Puspitasari, Erika (2012) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan proses menulis di kelas IV SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar / Erika Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : menulis, karangan deskripsi, pendekatan proses menulis Berdasarkan hasil observasi pratindakan, ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan menulis karangan deskripsi di antaranya, siswa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan, belum mampu mengembangkan paragraf dengan baik, belum mampu menceritakan rangkaian peristiwa yang terjadi secara runtut dalam bentuk bahasa tulis, dan kurang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan proses menulis dalam keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar dan, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan proses menulis di kelas IV SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses menulis dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada setiap tahap. Pada pembelajaran pratindakan nilai rata-rata siswa sebesar 63, siklus I sebesar 80, dan siklus II sebesar 87. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 36%, siklus I sebesar 71%, dan siklus II sebesar 93%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menggunaan pendekatan proses menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis karangan deskripsi terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IV dalam menulis karangan deskripsi. Maka disarankan agar guru menggunakan pendekatan proses menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104390

Actions (login required)

View Item View Item