Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui strategi Know-Want to Knowledge-Learned (KWL) pada siswa kelas III SDN 3 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Reny Herdikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui strategi Know-Want to Knowledge-Learned (KWL) pada siswa kelas III SDN 3 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Reny Herdikawati

Herdikawati, Reny (2012) Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan melalui strategi Know-Want to Knowledge-Learned (KWL) pada siswa kelas III SDN 3 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Reny Herdikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan memahami teks bacaan strategi KWL Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas III SDN 3 Gandusari kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan tidak sesuai dengan harapan. Banyak siswa yang belum baik dalam menjawab pertanyaan menyatakan pendapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks dan menyimpulkan isi teks dalam beberapa kalimat. Sehingga hasil belajarnya juga kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi KWL untuk meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa kelas III SDN 3 Gandusari Kabupaten Trenggalek dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa kelas III SDN 3 Gandusari Kabupaten Trenggalek melalui strategi KWL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata kemampuan awal siswa dalam memahami teks bacaan adalah 68 dengan ketuntasan belajar sebesar 23%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata kemampuan memahami teks bacaan siswa meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan belajar sebesar 59%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kemampuan memahami teks bacaan siswa mengalami peningkatan menjadi 82 dengan ketuntasan belajar sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca melalui strategi KWL dapat membantu siswa memahami teks bacaan menjawab pertanyaan menyatakan pendapat atau perasaan yang berkaitan dengan isi bacaan dan menyimpulkan isi bacan dalam beberapa kalimat. Untuk itu diharapkan guru menerapkan strategi KWL dalam pembelajaran membaca sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104389

Actions (login required)

View Item View Item