Hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Anita Puspitorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Anita Puspitorini

Puspitorini, Anita (2012) Hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Anita Puspitorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hubungan Kecepatan membaca Memahami Isi Bacaan SD. Kecepatan membaca adalah banyaknya kata yang terbaca setiap menitnya disertai tingkat pemahaman. Kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan dipengaruhi oleh faktor kebiasaan atau latihan. Berdasarkan kesamaan latar belakang faktor yang mempengaruhi diasumikan keduanya berhubungan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) kecepatan membaca siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Malang (2) kemampuan memahami isi bacaan dan (3) ada tidaknya hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN lesanpuro 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan populasi kelas V sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian diambil dari seluruh populasi yaitu 80 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian tentang kecepatan membaca siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 dapat dikatakan cukup baik dengan rata-rata 177 kata per menit atau sebesar 71 25% siswa mencapai kecepatan membaca di atas 166 kata per menit. Kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 juga sudah baik dengan rata-rata nilai pemahaman 60 atau sekitar 80% siswa mencapai nilai pemahaman di atas 41 atau cukup. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan yang cukup signifikan dengan r hitung sebesar 0 507 dan r tabel 0 220 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian adalah secara keseluruhan untuk kecepatan membaca siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Malang cukup baik. Tetapi masih ada beberapa hal yang menghambat kecepatan membaca siswa yaitu menunjuk baris bacaan menggunakan jari tangan bergumam menggerakkan bibir dan menggerakkan anggota tubuh. Kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 cukup baik. Dari hasil uji hipotesis didapat r hitung r tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Lesanpuro 3 Malang. Disarankan untuk (1) guru kelas V hendaknya mengintensifkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan cara melatih kemampuan membaca cepat siswa (2) kepala Sekolah hendaknya mendukung usaha tersebut dengan menambah jumlah koleksi buku di perpustakaan (3) peneliti lanjutan hendaknya melakukan penelitian tentang teknik pembelajaran yang bisa meningkatkan kecepatan membaca bagi siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104388

Actions (login required)

View Item View Item