Analisis kesalahan penulisan tanda baca pada tulisan percakapan siswa kelas IV SDN Masangan Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Lutfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan tanda baca pada tulisan percakapan siswa kelas IV SDN Masangan Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Lutfiyah

Lutfiyah (2012) Analisis kesalahan penulisan tanda baca pada tulisan percakapan siswa kelas IV SDN Masangan Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Lutfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesalahan Penulisan Tanda Baca percakapan SD. Tanda baca merupakan salah satu unsur bahasa tulis yang banya pengaruhnya dalam suatu karangan atau wacana. Hal ini berarti tanda baca dapat berfungsi sebagai unsur yang mempertegas maksud suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ada / tidak ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN Masangan kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan dalam menuliskan tanda baca berupa tanda baca titik (.) tanda baca koma ( ) tanda baca Tanya ( ) tanda baca titik dua ( ) tanda baca petik ( ) dalam penulisan tanda baca pada tulisan percakapan. Penelitian ini diakukan pada siswa kelas IV SDN Masangan Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan melalui model pengamatan dan tes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan analisis data yang berupa diskriptif untuk mendeskripsikan tentang salah satu aspek kesalahan penulisan tanda baca titik tanda baca koma tanda baca tanya tanda baca titik dua dan tanda baca petik. Bertolak dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari 36 siswa yang memperoleh nilai 8805 41 86 2 % siswa mampu dalam penulisan tanda baca titik 97 % siswa mampu dalam penulisan tanda baca koma siswa yang mampu menggunakan tanda baca tanya sebesar 94 5 % 89 % siswa mampu menggunakan tanda baca titik dua dan 30 5% siswa kurang mampu dalam menggunakan tanda baca petik dalam penulisan. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Masangan kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan dari 36 siswa sebagian besar siswa yang sudah menggunakan tanda baca titik tanda baca tanya tanda baca koma tanda baca titik dua sedangkan sebagian kecil siswa belum menggunakan tanda baca petik. Disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar dapat memanfaatkan pola dan hasil penelitian pembelajaran bahasa Indonesia khususnya tentang penulisan tanda baca. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104386

Actions (login required)

View Item View Item