Analisis buku teks IPA kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wiwin Fidiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks IPA kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wiwin Fidiyawati

Fidiyawati, Wiwin (2012) Analisis buku teks IPA kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wiwin Fidiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Buku Teks IPA SD Buku teks yang relevan diperlukan untuk pembelajaran dan merupakan sarana untuk menjamin keterlaksanaan kurikulum yang dirancang. Dari segi isinya buku teks yang beredar masih memiliki kekurangan termasuk dalam buku teks IPA. Hal tersebut dapat mempengaruhi guru maupun peserta didik sebagai pengguna buku. Meskipun sudah melalui proses revisi namun masih ditemukan beberapa buku teks IPA yang isi materinya kurang sesuai dengan kurikulum terdapat konsep yang kurang tepat. Menggunakan gambar ilustrasi yang kurang jelas dari segi ukuran yang terlalu kecil gambar tidak berwarna dan tidak sesuai dengan materi. Soal evaluasi pada buku pun kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi pada buku teks dengan kurikulum yang berlaku (KTSP) ketepatan konsep kesesuaian gambar ilustrasi serta soal evaluasi pada buku teks IPA. Penelitian dilakukan pada buku teks IPA kelas IV dengan pengarang dan penerbit yang berbeda yang digunakan di SD/MI Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Analisis data dianalisis secara deskriptif. Untuk kesesuaian materi dengan kurikulum ketepatan konsep kesesuaian gambar ilustrasi dengan materi serta soal evaluasi akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian isi materi dengan kurikulum pada buku sebagian kecil tergolong tinggi kesesuaiannya dengan kurikulum sedangkan sebagian besar buku tergolong cukup kesesuaiannya dengan kurikulum. Ketepatan konsep pada buku sangat kecil sekali yang tergolong cukup dengan konsep yang sebenarnya dan sebagian besar buku memiliki ketepatan konsep yang tinggi. Kesesuaian gambar ilustrasi dengan materi pada buku seluruhnya telah sesuai dengan materi. Pada kelima buku soal evaluasi pada aspek kognitif seluruhnya tergolong tinggi dan tidak terdapat aspek afektif dan aspek psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru dan peserta didik untuk lebih cermat dalam memilih buku sumber yang sesuai dengan karakter penggunanya serta tidak hanya menggunakan satu buku dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104383

Actions (login required)

View Item View Item