Hubungan kemampuan siswa dalam pemenggalan kata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Polowijen 2 Kota Malang / Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan siswa dalam pemenggalan kata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Polowijen 2 Kota Malang / Rahayuningsih

Rahayuningsih (2012) Hubungan kemampuan siswa dalam pemenggalan kata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Polowijen 2 Kota Malang / Rahayuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan siswa Memenggal kata Karangan Deskripsi. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya materi pemenggalan kata masih banyak ditemukan kesalahan penulisan terutama pada kata-kata dasar. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Polowijen 2 Malang banyak ditemukan kesalahan pemenggalan kata pada saat siswa diberi tugas menulis karangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan kemampuan siswa dalam memenggal kata (2) kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi (3) ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan siswa dalam memenggal dengan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Polowijen 2 Kota Malang. Penelitian yang di lakukan di SDN Polowijen 2 ini ditinjau dari sifatnya adalah penelitian korelasional. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adanya hubungan dan tingkat variabel ini penting karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. Jumlah populasi yang diambil peneliti adalah 30 siswa kelas V SDN Polowijen 2 Malang. Kemampuan siswa memenggal kata dalam mengarang deskripsi tergolong kategori cukup. Hasil analisis penulis ditemukan bahwa hanya ada 6 siswa yang tidak melakukan kesalahan dalam pemenggalan kata dengan kata lain tidak terdapat kesalahan kemudian 7 siswa melakukan kesalahan pemenggalan kata kurang dari 3 dan yang paling signifikan adalah 15 siswa yang melakukan kesalahan pemenggalan kata kurang dari 5. Dari keseluruhan siswa hanya ada 2 siswa yang melakukan kesalahan pemenggalan kata lebih dari 5. Dari penelitian tersebut dapat penulis jabarkan siswa yang mampu memenggal kata secara sempurna hanya ada 6 siswa atau sekitar 20% 7 siswa hanya melakukan kesalahan kurang dari 3 atau sekitar 23% 2 siswa yang belum mampu memenggal kata atau sekitar 6 7% dan yang paling tinggi adalah 50% atau 15 siswa yang melakukan kesalahan antara 3 sampai 5 dalam memenggal kata. Pada variabel berikutnya yaitu pada variabel X (kemampuan mengarang deskripsi) ternyata hampir 53% siswa dapat menuliskan karangan deskripsi namun kurang sesuai dengan deskriptor yang ada. 16 7% atau 5 siswa mampu menyelesaikan karangan deskripsinya sesuai dengan tepat. Dan sisanya 9 siswa atau 30% yang belum mampu mendeskripsikan dalam bentuk karangan. Namun setelah dilakukan uji korelasional product moment didapatkan keputusan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam memenggal kata dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini masih sangat terbatas sekali sehingga perlu adanya penelitian lanjutan yaitu berupa penelitian kualitatif karena dianggap penelitian seperti ini perlu intensitas yang tinggi untuk mengamati subjek penelitian secara kontinyu dan berkelanjutan dan hasil penelitian yang disertai wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104382

Actions (login required)

View Item View Item