Pengaruh penggunaan strategi Polya terhadap hasil bvelajar pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Ahmat Kusairi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi Polya terhadap hasil bvelajar pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Ahmat Kusairi

Kusairi, Ahmat (2012) Pengaruh penggunaan strategi Polya terhadap hasil bvelajar pecahan pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang / Ahmat Kusairi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Polya Hasil Belajar Tujuan akhir dari belajar matematika yaitu terwujudnya kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matematika. Hal ini sesuai dengan KTSP matematika SD mengharuskan siswa memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dalam berbagai situasi yang baru. Kemampuan menyelesaikan masalah akan dapat dimiliki siswa apabila tahapan-tahapan penyelesaian masalah dipahami oleh siswa. Salah satu bentuk tahapan penyelesaian masalah yaitu dengan menggunakan tahapan penyelesaian masalah Polya. Tahapan penyelesaian masalah Polya tertdiri dari empat tahap yaitu 1) memahami masalah 2) merencanakan penyelesaian 3) melaksanakan rencana dan 4) melihat kembali hasil selesaian. Berdasarkan hasil obeservasi di SDN Percobaan 2 Malang diketahui kemampuan menyelesaikan masalah siswa kelas IV masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasai permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah. Melaui penggunaan tahapan Polya diharapkan dapat memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa terutama pada pokok bahasan pecahan. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan eksperimental semu. Penelitian menggunakan dua kelas satu sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan strtategi Polya) dan satu kelas sebagai kelas kontrol ( pembelajaran tanpa strategi Polya). Sebelum penelitian dilaksanakan sampel terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari pretes dan data hasil belajar siswa diperoleh dari postes. Sebelum digunakan soal pretesdan postes terlebih dahulu dilakukan uji validasi. Selain menggunakan soal tes hasil belajar selama pembelajaran juga menggunakan LKS dan lembar pengamatan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan strategi Polya berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas ekspermen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 64 4 sedangan kelas kontrol yaitu 50 6. Selain berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar strategi Polya juga membawa pengaruh lebih baik terhadap keaktifan siswa. Namun demikian bila melihat nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen masih belum optimal. Hal ini karena pemecahan masalah merupakan aktifitas berfikir tingkat tinggi yang memerlukan waktu relatif banyak untuk berfikir. Berdasarkan hasil penelitian strategi Polya terbukti membawa pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat dijadiakan sebagai salah satu model pembelajaran penyelesaian masalah di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104381

Actions (login required)

View Item View Item