Hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang Malang / Diana Cahya Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang Malang / Diana Cahya Kusumawati

Kusumawati, Diana Cahya (2012) Hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang Malang / Diana Cahya Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Kinerja Guru. Dalam pembelajaran guru menempati posisi penentu pencapaian tujuan pembelajaran. Tugas yang strategis guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kinerja baik. Kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja guru dikatakan baik apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja adalah gaya kepemimpinan. Salah satu gaya kepemimpinan yang dikembangkan adalah teori gaya kepemimpinan dua dimensi (two dimentional leadership). Yaitu gaya kepemimpinan berorientasi pada sisi tugas (task oriented) dan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan manusia (people oriented). Rumusan masalah dalam penelitian ini (1)bagaimana persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang (2)bagaimana kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang (3) adakah hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Sebelum intrumen digunakan untuk diteliti diuji cobakan terlebih dahulu dengan uji validitas dan uji reliabelitas agar layak digunakan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif korelasional. Dari hasil analisis data dapat diketahui (1)persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang dalam kategori baik (2)kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang dalam kategori sangat baik dalam pembelajaran di kelas (3)berdasarkan analisis Product Moment Pearson diperoleh rhitung rtabel (0 488 0 138) itu berarti terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Kedungkandang. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini antara lain (1)bagi kepala sekolah sebaiknya menerapkan gaya kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan orientasi pada manusia (people oriented) lebih intensif. Karena dalam penelitian ini people oriented lebih mempengaruhi kinerja guru dari pada task oriented (2)bagi guru SD Negeri Se-Kecamatan Kedungkandang diharapkan lebih memaksimalkan kinerjanya dalam hal pembelajaran di kelas (3)bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis peneliti menyarankan untuk mengembangkan penelitian dengan mengungkapkan variabel lain di luar variabel penelitian yang mempengaruhi kinerja guru untuk memperoleh data yang lebih mendalam tentang kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104380

Actions (login required)

View Item View Item