Rozafi, Varda Putri (2012) Tingkat partisipasi orang tua dalam pelaksanaan program pendidikan dasar di MI Amanah Desa Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Varda Putri Rozafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Partisipasi Orang Tua Program Pendidikan Dasar Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat partisipasi orang tua murid dalam pelaksanaan program pendidikan dasar. Dalam penelitian ini juga diskripsikan partisipasi secara mendalam keterlibatan atau partisipasi orang tua murid dalam pelaksanaan program pendidikan dasar faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi orang tua murid dalam program pendidikan Dasar di MI Amanah Desa Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan observasi angket dan wawancara sebagai metode untuk memperoleh data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan tekhnik distribusi frekwensi menggunakan rumus persentase. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orang tua murid Sekolah Dasar di MI Amanah Desa Tangung Kecamatan Turen Kabupaten Malang secara keseluruan yang berjumlah 96 orang. Adapun alasan mengapa peneliti memilih MI Amanah sebagai tempat penelitian yaitu kenyataan bahwa masyarakat khusunya orang tua murid di Desa Tanggung Kecamatan Turen kondisi perekonomiannya tergolong menengah kebawah. Pentingnya faktor ekonomi yang berbenturan dengan kondisi masyarakat yang ada membuat peneliti tertarik untuk mengukur sejauhmana tingkat partisipasi orang tua dalam pendidikan sang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) secara keseluruhan tingkat partisipasi orang tua dalam pelaksanaan program pendidikan anak baik dalam bentuk pendapat tenaga dan uang memilki skor 7935 dengan prosentase 64 58% dan dikategorikan dengan kategori sedang b) faktor pendukung partisipasi orang tua murid dalam pelaksanaan program pendidikan dasar di MI Amanah yaitu adanya elit lokal yang berperan sebagai motivator dan solidaritas sosial yang tinggi dalam diri orang tua murid di sekitar lembaga c) sedangkan faktor penghambat partisipasi orang tua murid dalam pelaksanaan program lembaga yaitu faktor sosial ekonomi orang tua murid yang tergolong menengah ke bawah dan beberapa orang tua yang kurang mendukung pelaksanaan program lembaga. Bertolak dari keseluruhan proses hasil penelitian ini disarankan hal-hal berikut 1) Lebih ditingkatkan lagi partisipasi dari orang tua murid dalam pelaksanaan program-program lembaga agar rasa kepemilikan dan tanggung jawab orang tua terhadap program lebih tinggi 2) diadakannya kegiatan home visit sebagai ajang silaturahmi dan kerjasama antara lembaga dengan orang tua murid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |