Pemanfaatan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkanj aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sandhi Sirna Prahara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkanj aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sandhi Sirna Prahara

Prahara, Sandhi Sirna (2012) Pemanfaatan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkanj aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sandhi Sirna Prahara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode pembelajaran Role Playing aktivitas belajar hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan pada kegiatan pembelajaran IPS dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di antaranya adalah siswa cenderung pasif hanya memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa hanya mencatat materi yang disampaikan guru. Guru juga kurang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga kurang menarik minat siswa. Dari kenyataan tersebut berakibat nilai rata-rata pembelajaran IPS 21 05. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian model Kemmis dan Taggart (Sa 8223 dun Akbar 2010 30) penelitian terdiri 2 siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi (c) refleksi (d) revisi. Kemudian setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1) observasi 2) tes. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 70. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pauruan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ketuntasan aktifitas belajar siswa dari 70 42 % meningkat menjadi 80 85 %. Dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa 36 61 meningkat menjadi 80 76. Dilihat dari rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan siklus I pertemuan ke-1 meningkat menjadi 53 2 sedangkan pelaksanaan siklus I pertemuan ke-2 meningkat menjadi 58 dan siklus II pertemuan ke-1 hasil belajar siswa mencapai 72 30 dan pada siklus II pertemuan ke-2 hasil belajar siswa meningkat menjadi 78 84. Pemanfaatan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dalam kegiatan pembelajaran mampu mengaktifkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah Role Playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104377

Actions (login required)

View Item View Item