Penerapan model mnemonik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Novida Virgiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mnemonik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Novida Virgiana

Virgiana, Novida (2012) Penerapan model mnemonik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Novida Virgiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model mnemonik pembelajaran IPS Hasil observasi awal di SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPS kelas IV pada materi Aktivitas Ekonomi guru masih menerapkan pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran. Siswa terlihat mengantuk dan bicara sendiri dengan teman sebangku. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra tindakan yaitu 43 2 dan masih terdapat 29 siswa (85 3%) dari 34 siswa belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70 sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa (14 7%). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Mnemonik pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 1 (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 setelah penerapan model Mnemonik (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 setelah penerapan model Mnemonik. Mnemonik adalah teknik untuk mengingat kembali suatu informasi dengan menggunakan bantuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Cemorokandang 1 Kota Malang dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan 2 pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting 3) observing dan 4) reflecting. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Mnemonik pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Cemorokandang 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti pada aktivitas guru setiap siklus dapat terlaksana dengan baik sesuai RPP yang dibuat yaitu dari skor rata-rata yang diperoleh 95 5 pada siklus I dan meningkat menjadi 98 5 pada siklus II. Penerapan model Mnemonik dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas siswa 51 65 pada siklus I dan meningkat menjadi 74 63 pada siklus II. Selain aktivitas model Mnemonik juga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari rata-rata 51 0 dengan ketuntasan belajar kelas klasikal 33 82% pada siklus I dan meningkat menjadi 71 8 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70 58% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mnemonik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah selain menayangkan gambar guru sebaiknya menggunakan media pendukung lain yang beragam dalam menerapkan model Mnemonik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104376

Actions (login required)

View Item View Item