Pengembangan media pembelajaran IPA bentuk Powerpoint untuk materi tata surya di kelas VI SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Fitra Prasetyo Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA bentuk Powerpoint untuk materi tata surya di kelas VI SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Fitra Prasetyo Wibowo

Wibowo, Fitra Prasetyo (2012) Pengembangan media pembelajaran IPA bentuk Powerpoint untuk materi tata surya di kelas VI SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Fitra Prasetyo Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Powerpoint IPA Tata Surya Berdasarkan hasil wawacara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas VI serta hasil observasi di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran ditemukan fakta dilapangan bahwa pada pembelajaran IPA untuk materi tata surya masih menggunakan media yang berupa gambar-gambar statis yang ada di dalam buku maupun pajangan di kelas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pemanfaatan teknologi yang dimiliki masih kurang maksimal terlihat dari kurangnya pemanfaatan sarana LCD Projektor Laptop dan laboratorium komputer yang dimiliki. Serta belum adanya pengumpulan materi sebagai presentasi yang interaktif dalam bentuk digital untuk membantu siswa dalam memahami materi. Upaya inovasi yang mengarah kepada pencapaian tujuan pembelajaran IPA untuk materi tata surya tersebut mutlak diperlukan di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Secara teoritis untuk mengatasi permasalahan tersebut di antaranya dengan mengembangkan media pembelajaran IPA yang mampu memvisualkan tata surya secara menarik sederhana serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media berbantuan komputer menggunakan PowerPoint yang dapat digunakan sebagai media interaktif dalam pembelajaran IPA. Media pembelajaran berbasis PowerPoint ini memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan komponen teks gambar suara dan animasi grafik. Komposisi dari beberapa komponen tersebut dapat memperjelas uraian materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik jika dibandingkan dengan memakai sumber belajar statis yang berupa buku teks papan tulis maupun gambar manual dari pajangan kelas. Media pembelajaran PowerPoint ini juga mampu memberikan balikan sehingga siswa dapat lebih berinteraksi dengan media dengan mempergunakan fasilitas menu soal latihan. Selain itu media ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan mampu memberikan pengalaman yang lebih langsung untuk mempelajari materi tata surya. Desain uji coba pengembangan meliputi validasi media dan uji coba lapangan. Validasi media diperoleh dari penilaian dan tanggapan dari validator ahli media dan ahli materi yang selanjutnya digunakan untuk menentukan kelayakan media dan bagian dari media yang perlu direvisi. Uji coba di lapangan dilakukan dengan mencobakan media yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN Cemorokandang Kota Malang. Data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data menggunakan analisis prosentase. Hasil yang diperoleh dari pengembangan ini yaitu sebuah media pembelajaran IPA berbantuan komputer dengan menggunakan Powerpoint sudah memiliki tingkat kelayakan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli media maupun ahli materi terhadap media yang dikembangkan yaitu dimana semua validator menyatakan bahwa media yang dikembangkan siap untuk diproduksi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Selain itu berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa siswa sangat termotivasi dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa dapat lebih mudah dalam mempelajari materi tata surya. Oleh sebab itu secara umum media pembelajaran IPA berbasis PowerPoint ini layak untuk digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan media pembelajaran di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang untuk materi tata surya. Saran pemanfaatan dan diseminasi lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut a. Media PowerPoint ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang telah dijelaskan pada kajian media yang telah direvisi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka mengeliminasi kekurangannya. b. Media pembelajaran PowerPoint untuk materi lain perlu dikembangkan. c. Media pembelajaran PowerPoint ini masih bersifat offline sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran PowerPoint yang sudah online sehingga dapat terhubung langsung dengan internet. d. Hasil pengembangan ini masih bersifat kontekstual yang hanya memecahkan masalah pembelajaran IPA materi tata surya untuk siswa kelas VI SDN Cemorokandang 2 Kota Malang saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104373

Actions (login required)

View Item View Item