Pengembangan media CD Interaktif pembelajaran pecahan kelas IV SD Negeri se Kecamatan Gondanglegi / Atik Sulfadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD Interaktif pembelajaran pecahan kelas IV SD Negeri se Kecamatan Gondanglegi / Atik Sulfadiyah

Sulfadiyah, Atik (2012) Pengembangan media CD Interaktif pembelajaran pecahan kelas IV SD Negeri se Kecamatan Gondanglegi / Atik Sulfadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media CD interaktif Pecahan SD Minat peserta didik yang besar terhadap komputer dapat dijadikan ide untuk mengembangkan media berbasis komputer yang menarik untuk memper-mudah pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang selama ini dianggap sebagai momok. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan kelas IV SD Negeri se Kecamatan Gondanglegi dan (2) mendeskripsikan kelayakan media CD interaktif pembelajaran pecahan kelas IV SD Negeri se Kecamatan Gondanglegi. CD interaktif merupakan media pembelajaran yang penyajiannya me-manfaatkan komputer. Sejalan dengan teori konstruktivistik CD interaktif dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri sehingga menemukan pengalaman-pengalaman yang memberikan kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini merupakan Research and Development (R D) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dasar rancangan pengembangan media pembelajaran ini ialah model 4-D (define design develop disseminate). Uji coba produk yang dilakukan meliputi (1) uji coba perseorangan (2) uji coba kelompok kecil dan (3) uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data untuk uji coba peseorangan dan kelompok kecil menggunakan kuesioner (angket) tertutup yang menggunakan skala Likert sedangkan instrumen pengumpulan data untuk uji coba lapangan menggunakan lembar pengamatan dan tes. Hasil pengembangan dari media CD interaktif pembelajaran pecahan antara lain (1) hasil pretest dan posttest menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media CD interaktif pembelajaran pecahan sebesar 23 25 meningkat dari rata-rata 50 26 menjadi 73 5 (2) uji kelayakan media CD interaktif pembelajaran pecahan diperoleh hasil sebagai berikut (a) ahli media menyatakan layak dengan prosentase sebesar 78 75% (b) ahli materi menyatakan layak dengan prosentase sebesar 79 4 % dan (c) 10 orang peserta didik menyatakan layak dengan prosentase 89 41% (3) media CD interaktif pembelajaran pecahan ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan perhitungan secara statistik menggunakan uji-t. berdasarkan uji-t diperoleh t hitung 23 474 dengan d.b 136. Selanjutnya t hitung dibandingkan dengan t tabel 1 980 pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan analisis tersebut dinyatakan bahwa t hitung t tabel 23 474 1 980. Kelemahan produk yang dikembangkan meliputi evaluasi yang dirasa kurang menarik sehingga diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat diperbaiki dengan menambahkan permainan-permainan yang meningkatkan minat peserta didik mempelajari matematika. Kelebihan produk yang dikembangkan yaitu adanya animasi sebagai peragaan yang memperjelas penjabaran materi pecahan serta respon langsung yang dikeluarkan program setelah peserta didik menjawab soal evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104372

Actions (login required)

View Item View Item