Penggunaan media Ritatoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pkn materi pokok ke[utusan bersaama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang / Anis Raudhatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media Ritatoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pkn materi pokok ke[utusan bersaama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang / Anis Raudhatul Maghfiroh

Maghfiroh, Anis Raudhatul (2012) Penggunaan media Ritatoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pkn materi pokok ke[utusan bersaama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang / Anis Raudhatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Ritatoon Aktivitas Hasil Belajar PKn Berdasarkan observasi awal di kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang terdapat permasalahan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan guru dalam pembelajaran masih menggunakan media yang bersifat umum seperti papan tulis. Selain itu guru juga belum memanfaatkan media-media gambar yang terpajang di dinding kelas. Hal ini menjadikan siswa menjadi pasif dan hasil belajar kurang memuaskan. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah proses penggunaan media ritatoon pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa setelah penggunaan media ritatoon dalam pembelajaran PKn materi pokok keputusan bersama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media ritatoon dalam pembelajaran PKn materi pokok keputusan bersama siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan yaitu peneliti sebagai guru (pengajar) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Malang yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada penggunaan media ritatoon menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media ritatoon pada pembelajaran PKn tingkat keberhasilan guru mencapai 86 5% meningkat menjadi 92% pada siklus II (2) penggunaan media ritatoon dapat meningkatkan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10 73% yaitu dari nilai rata-rata 77 25 pada siklus I menjadi 85 54 pada siklus II (3) penggunaan media ritatoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal siklus 1 dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 64 86% menjadi 86 49% pada siklus II. Peningkatan yang terjadi sebesar 33 35% dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ritatoon dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada kepada kepala sekolah pada umumnya untuk menyediakan media ritatoon dan guru pada khususnya untuk menggunakan media ritatoon dalam pembelajaran baik pembelajaran PKn maupun pembelajaran yang lain. Selain itu guru sebaiknya merancang pembelajaran dengan media ritatoon yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran lain yang dapat mengaktifkan siswa secara utuh. Pada tahap penilaian hasil belajar disarankan pula untuk mengukur semua aspek yang dimiliki siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104371

Actions (login required)

View Item View Item