Penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Kota Malang / Ike Eva Sovina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Kota Malang / Ike Eva Sovina

Soviana, Ike Eva (2012) Penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Kota Malang / Ike Eva Sovina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Memahami Isi Cerita Model Pembelajaran PQ4R SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang diketahui kemampuan siswa dalam memahami isi cerita masih rendah. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca pemahaman guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R. Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model PQ4R pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang dan apakah model PQ4R dapat meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pada siswa kelas V di SDN Karangbesuki 4 Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang yang berjumlah 31 siswa. Model PQ4R terdiri dari 4 langkah yaitu Preview (membaca sekilas) Question (membuat pertanyaan) Read (membaca) Reflect (refleksi) Recite (membuat intisari) Review (membaca intisari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan model pembelajaran (PQ4R) diketahui adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dari pratindakan sampai siklus II. Rata-rata nilai siswa pra tindakan sebesar 52 74 dengan prosentase keberhasilan 19 35 % pada siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 62 41 dengan prosentase keberhasilan 41 93 % setelah dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan menjadi 79 83 dengan prosentase keberhasilan sebesar 83 87 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model PQ4R dapat meningkatkan pemahaman isi cerita siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang. Saran yang diajukan peneliti yaitu untuk kepala sekolah agar memotivasi guru untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif salah satunya yaitu model PQ4R .Untuk guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang bervariasi agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya bisa melakukan penelitian menggunakan model PQ4R dan lebih disempurnakan dalam melaksanakan pembelajaran agar tercapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104369

Actions (login required)

View Item View Item