Penerapan model pembelajaran read, ancode, annotate, ponder (REAP) terhadap peningkatan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Linda Pravitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran read, ancode, annotate, ponder (REAP) terhadap peningkatan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Linda Pravitasari

Pravitasari, Linda (2012) Penerapan model pembelajaran read, ancode, annotate, ponder (REAP) terhadap peningkatan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Linda Pravitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Isi Bacaan Model Pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) SD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Dampit 2 diketahui bahwa (1) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami isi dari suatu teks/bacaan dan (2) kurangnya kemampuan siswa dalam merespon isi teks berdasarkan pengetahuan yang diperoleh siswa sebelumnya dengan menggunakan bahasa mereka sendiri..Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan atau kemampuan siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) dalam meningkatkan pemahaman isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Read Encode Annotate Ponder (REAP) pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pemahaman isi bacaan (2) peningkatan pemahaman isi bacaan setelah menerapkan model pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) di kelas IV. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) planning (2) akting observing (3) reflecting (4) revising planning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Dampit 2 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Read Encode Annotate Ponder (REAP) terbukti melatih siswa untuk memahami isi bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa meraka sendiri sesuai dengan pengetahuannya. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan model pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) dalam pemahaman isi bacaan diketahui bahwa banyaknya siswa yang telah mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Sebelum siklus hasil yang didapat yaitu 63.6 %. Sedangkan pada saat sudah dilakukan siklus I hasil yang didapat meningkat yaitu 80 % dan pada saat pelaksanaan siklus 2 nilai siswa semakin meningkat yaitu 95 % . Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV di SDN Dampit 2 Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD yaitu untuk Kepala Sekolah agar memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Read Encode Annotate Ponder (REAP) .Untuk guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya bisa melakukan penelitian dengan menggunakan Read Encode Annotate Ponder (REAP) dengan lebih disempurnakan dalam penerapan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104368

Actions (login required)

View Item View Item