Penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN sawojajar 4 Malang / Eries Norma Yusmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN sawojajar 4 Malang / Eries Norma Yusmita

Yusmita, Eries Norma (2012) Penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN sawojajar 4 Malang / Eries Norma Yusmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle aktivitas hasil belajar IPA Hasil observasi awal di SDN Sawojajar 4 Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV pada materi gaya siswa masih kurang aktif mengikuti pembelajaran selama kegiatan pembelajaran banyak siswa yang ramai sendiridan tidak mendengarkan penjelasan dan perintah dari guru sehingga guru harus mengulang-ulang tugas yang diberikan. Pada pertemuan kegiatan pembelajaran selanjutnya siswa juga banyak yang tidak ingat ketika guru menanyakan ulang tentang tentang materi gaya yang telah diajarkan pada pertemuan pembelajaran sebelumnya siswa tidak berani mengemukakan ide atau gagasannya siswa masih enggan bertanya meskipun guru sudah memberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dalam mengerjakan soal latihan siswa masih cenderung malas dan pasif. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu dari 37 siswa 32 siswa atau 86 48% siswa belum memenuhi atau berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 5 siswa atau 13 51% siswa sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh SDN Sawojajar 4 Malang yaitu 60. Rata-rata nilai ulangan siswa secara klasikal hanya 36 89. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang setelah penerapan model Learning Cycle (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Malang setelah penerapan model Learning Cycle. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawojajar 4 Malang dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN Sawojajar 4 Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan aspek dalam penerapan pembelajaran yang dibuat yaitu dari skor rata-rata yang diperoleh 89 4 pada siklus I dan meningkat menjadi 98 75 pada siklus II. Penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata skor aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model Learning Cycle pada siklus I sebesar 57 84 dan pada siklus II meningkat menjadi 81 07. Selain aktivitas juga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 36 89. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 57 89. pada siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar hingga mencapai 78 97. Peningkatan hasil belajar ituberdampak pada ketuntasan belajar secara klasikal. Pada saat pratindakan secara klasikal ketuntasan belajar hanya mencapai 13.51%. pada siklus I secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 45.94%. sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94.59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104364

Actions (login required)

View Item View Item