Pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan / Heru Wironoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan / Heru Wironoto

Wironoto, Heru (2012) Pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan / Heru Wironoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan Sekitar Sekolah Aktivitas dan Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan. Diperoleh fakta bahwa siswa kurang tertarik pada pembelajaran siswa terlihat pasif merasa bosan selama pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga guru berperan lebih aktif selama pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada materi perkembangan teknologi produksi dan komunikasi (2) peningkatan aktivitas siswa pada materi teknologi produksi dan komunikasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar (3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi dan komunikasi dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar siswa Kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis Taggart dengan III siklus. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan dengan prosedur (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi (3) refleksi (4) perbaikan rencana. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi tes dokumentasi dan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitaitif. Hasil penelitian (1) pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dapat dilaksanakan dengan baik (2) pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini ditandai dengan rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 72 50 pada siklus II sebesar 79 00 dan meningkat pada siklus III dengan nilai 83 50 (3) pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranIPS kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I siklus II dan siklus III yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan 64 5 dengan ketuntasan belajar 22 8% pada siklus I sebesar 71 05 dari 22 siswa 11 siswa mendapat nilai cukup dan baik sedangkan 11 siswa mendapat nilai cukup dan kurang diantaranya 1 orang siswa mendapat nilai kurang dengan ketuntasan belajar 50% pada siklus II sebesar 77 04 dari 22 siswa 16 siswa mendapat nilai cukup dan baik sedangkan 6 siswa mendapat nilai cukup dengan ketuntasan belajar 72 73% dan meningkat pada siklus III sebesar 81 13 dari 22 siswa 20 siswa mendapat nilai cukup dan baik sedangkan 6 siswa mendapat nilai cukup dengan ketuntasan belajar 90 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gawang 1 Kebonagung Pacitan. Disarankan agar guru dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menciptakan suatu variasi pembelajaran yaitu dengan cara penggunaan sumber belajar untuk menghindari kejenuhan siswa lebih giat memantau diskusi kelompok agar supaya tidak bicara di luar materi pelajaran dan bercanda dengan temannya serta bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan cara meminimalisir siswa atau kelompok yang ramai selama pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104363

Actions (login required)

View Item View Item