Penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Efi Sutrisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Efi Sutrisnawati

Sutrisnawati, Efi (2012) Penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Efi Sutrisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Internet Media Pembelajaran IPS SD. Hasil wawancara dan observasi pada pelaksanaan PPL 1 di SDN Sawojajar 4 diketahui bahwa guru sering tidak menggunakan media saat pembelajaran mata pelajaran IPS dikarenakan guru kesulitan dalam menentukan dan mengadakan media pembelajaran. Dari wawancara peneliti dengan guru kelas IV tanggal 18 Januari 2012 diketahui bahwa metode yang umum digunakan guru dalam pembelajaran adalah ceramah. Tanggal 21 Januari 2012 peneliti melihat langsung pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas IV dengan menggunakan metode ceramah. Siswa terlihat bosan dan berbicara dengan temannya. Pernyataan tersebut terbukti dengan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 tahun ajaran 2011/2012. Hasil analisis dokumentasi hasil ujian akhir semester I menunjukkan 17 siswa dari 37 siswa berada di bawah KKM yang ditentukan yaitu 60. Hasil wawancara tanggal 18 Januari 2012 dengan guru kelas IV peneliti mengetahui saat pembelajaran tentang mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya guru hanya meminta siswa melihat bahan ajar yang dimilikinya. Banyak media yang bisa dimanfaatkan guru tetapi tidak digunakan contohnya adalah handphone milik guru sepeda milik siswa sepeda motor milik guru lonceng manual maupun lonceng elektronik sekolah enam buah komputer walaupun belum berada pada ruangan khusus bahkan di sekolah ada layanan akses ke dunia global yaitu internet yang biasa digunakan petugas tata usaha sekolah untuk memperlancar kinerjanya. Hasil wawancara peneliti dengan siswa kelas IV tanggal 23 Januari 2012 mereka tidak asing dengan internet walaupun belum pernah menggunakan sarana tersebut dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang selama menggunakan internet sebagai media pembelajaran (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawojajar 4 Kota Malang selama menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS kelas IV di SDN Sawojajar 4 Kota Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Persentase kesesuaian RPP yang dibuat dan pelaksanaan pembelajaran siklus 1 sebesar 86 67% pada siklus 2 sebesar 98 34% dan pada siklus 3 mencapai 100%. Pembelajaran pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 11 67% dan pada siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 1 66%. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 68 47 menjadi 83 78 pada siklus 2 dan 96 28 pada siklus 3. Peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20 31dan 12 5 dari siklus 2 ke siklus 3. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 69 12 pada siklus 1 menjadi 87 3 pada siklus 2 dan 95 88 pada siklus 3. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 18 18 pada siklus 1 ke siklus 2 dan peningkatan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 8 58. Persentase ketuntasan belajar klasikal 86 5% (32 siswa) pada siklus 1 dan 100% (37 siswa) dicapai pada siklus 2 dan siklus 3. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang didapatkan adalah sebagai berikut (1) Hasil observasi peggunaan internet sebagai media pembelajaran IPS pada siklus 1 siklus 2 sampai siklus 3 selalu mengalami peningkatan. (2) Penggunaan internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi. (3) Penggunaan internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104361

Actions (login required)

View Item View Item