Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Santyagie - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Santyagie

Santyagie, Galih (2012) Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Santyagie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman menceritakan kembali isi bacaan sekolah dasar Kemampuan membaca pemahaman adalah kesanggupan siswa untuk memahami suatu bacaan yang meliputi kesanggupan memahami makna kata makna kalimat isi pokok paragraf dan isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman sangat penting dalam menceritakan kembali isi bacaan. Untuk itu diperlukan kemampuan memahami bacaan untuk diceritakan kembali isi bacaan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen kota Malang dalam memahami bacaan (2) tingkat kemampuan siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen kota Malang dalam menceritakan kembali isi bacaan dan (3) ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan siswa kelas IV SDN Bareng 1 kecamatan Klojen kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SDN Bareng 1 kecamatan Klojen kota Malang yang berjumlah 65 siswa sehingga disebut sampel total. Data dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk mengungkap tingkat kemampuan membaca pemahaman dan menceritakan kembali isi bacaan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan korelasional yang menggunakan teknik korelasi product moment. Instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas dan reliabilitas semua soal dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis deskriptif terhadap kemampuan membaca pemahaman menunjukkan rata-rata 73 14 dengan 30 siswa nilainya di bawah rata-rata dan 35 siswa nilainya di atas rata-rata. Nilai minimum membaca pemahaman siswa sebesar 38 00 sedangkan nilai maksimum sebesar 98. Sedangkan untuk menceritakan kembali isi bacaan menunjukkan rata-rata sebesar 67 62 dengan 29 siswa nilainya dibawah rata-rata dan 36 siswa nilainya di atas rata-rata. Nilai minimum menceritakan kembali isi bacaan sebesar 25 00 sedangkan nilai maksimum sebesar 95. Analisis korelasi dengan jumlah 65 siswa dan taraf signifikansi 1% menunjukkan rhitung rtabel (0 611 0 317). Menurut ketentuan tabel nilai indeks koefisien korelasi rhitung penelitian sebesar 0 611 termasuk dalam kategori korelasi yang tinggi. Kesimpulannya terjadi korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Berdasarkan temuan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) Kemampuan membaca pemahaman hendaknya dilatih sejak dini karena pelajaran membaca bermanfaat untuk pelajaran lain (2) Kemampuan menceritakan kembali isi bacaan juga bisa dilatih sejak dini agar siswa bisa melatih daya ingatnya bukan hanya dalam pelajaran bahasa indonesia saja tetapi juga pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104360

Actions (login required)

View Item View Item