Perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan penbelajaran kooperatif model Problem Based Instruction (PBI) dan Group Investigation (GI) SDN Boyolangu I Tulungagung / Ratna Maylandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan penbelajaran kooperatif model Problem Based Instruction (PBI) dan Group Investigation (GI) SDN Boyolangu I Tulungagung / Ratna Maylandari

Maylandari, Ratna (2012) Perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan penbelajaran kooperatif model Problem Based Instruction (PBI) dan Group Investigation (GI) SDN Boyolangu I Tulungagung / Ratna Maylandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Model Problem Based Instruction (PBI) Group Investigation (GI). Pemilihan model pembelajaran sangat menentukan hasil pembelajaran yang dicapai siswa. Fakta yang ada di lapangan saat ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS hanya diberikan secara teoritik dan tidak memperhatikan jenis model yang digunakan. Apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus maka dapat menyebabkan hasil belajar yang dicapai siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan pembelajaran kooperatif model Problem Based Instruction (PBI) dan Group Investigation (GI). Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini ialah tidak ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model Problem Based Instruction (PBI) dan Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Penelitian ini dilakukan di SDN Boyolangu 1 Tulungagung pada bulan Maret 2012. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Problem Based Instruction (PBI) dan siswa kelas IVB yang mendapatkan perlakuan dengan model Group Investigation (GI). Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test). Analisis data hasil belajar dilakukan dengan uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV yang diajar dengan model Problem Based Instruction (PBI) dan model Group Investigation (GI). Nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen mencapai 82 00 sedangkan nilai rata-rata dari kelas IVB sebagai kelas kontrol mencapai 70 71. Pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini yaitu (1) Guru kelas IV pada mata pelajaran IPS diharapkan dapat menerapkan model Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang maksimal (2) SDN Boyolangu 1 Tulungagung diharapkan dapat menyediakan sarana dan media pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI) proses belajar mengajar (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih mampu mengembangkan hasil penelitian ini dengan mata pelajaran IPS materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104358

Actions (login required)

View Item View Item