Analisis buku teks Bahasa Jawa kelas IV SD / Dian Susianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks Bahasa Jawa kelas IV SD / Dian Susianti

Susanti, Dian (2012) Analisis buku teks Bahasa Jawa kelas IV SD / Dian Susianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis buku teks bahasa jawa SD Buku teks sebagai salah satu sumber bahan belajar sebaiknya tidak satu jenis atau dari satu orang pengarang. Buku teks yang digunakan hendaknya bervariasi agar mendapatkan materi pembelajaran yang luas. Buku teks mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam menunjang keberhasilan belajar sebab siswa harus mempunyai pengetahuan yang luas. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelayakan sebuah buku teks maka seorang guru harus menganalisis sebelum menggunakannya sebagai sumber belajar. Analisis buku teks adalah suatu kegiatan untuk mengkaji buku teks dengan segala aspeknya penyusunan dan penerapan telaah buku teks. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kelayakan/kesesuaian buku teks dikaji dari lima aspek dengan kriteria yang telah ditentukan. Aspek yang dikaji antara lain aspek pendekatan aspek tujuan aspek bahan pengajaran aspek evaluasi dan aspek bahasa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Data penelitian berupa buku teks yaitu buku teks Bahasa Jawa kelas IV SD karangan Sukiran tahun 2009 penerbit CV. Citra Cemara Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa langkah diantaranya 1) Melakukan observasi terhadap buku-buku yang digunakan di SD sekecamatan Kedungkandang 2) Melakukan wawancara kepada guru kelas IV untuk mengetahui buku Bahasa Jawa kelas IV yang digunakan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara menemukan/tidak menemukan kesesuaian antara variabel dengan materi yang tertulis di dalam buku teks. Semua analisis dituangkan dalam bentuk naratif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan 1) Dilihat dari aspek pendekatan bab 8 belum memenuhi kriteria menerapkan dan mengkomunikasikan 2) Dilihat dari aspek tujuan semua kriteria terpenuhi sehingga buku teks layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar 3) Dilihat dari aspek bahan bab 8 belum memenuhi kriteria apresiasi bahasa 4) Dilihat dari aspek evaluasi ada kriteria yang tidak muncul disemua bab yaitu kriteria memeriksa kembali 5) Dilihat dari aspek bahasa empat bab yang belum memenuhi kriteria yaitu bab 1 bab 6 bab 7 dan bab 8. Saran ditujukan kepada guru/ pengguna buku teks hendaknya jika menggunakan buku teks ini ditunjang dengan buku teks yang lain sehingga kekurangan yang ada dalam buku teks bisa terlengkapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104354

Actions (login required)

View Item View Item