Pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN Babadan I Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Weylda Yusiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN Babadan I Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Weylda Yusiani

Yusiani, Meylda (2012) Pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN Babadan I Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Weylda Yusiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perhatian orang tua intensitas bermain game prestasi belajar Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Siswa dikatakan berhasil dalam proses belajar apabila telah mengalami perubahan tingkah laku yang positif setelah menjalani proses belajar tersebut. Prestasi belajar merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kemampuan atau keberhasilan seseorang yang melakukan proses belajar sesuai dengan bobot/nilai yang berhasil diraihnya. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain perhatian orang tua intensitas bermain game. Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perhatian orang tua (2) intensitas bermain game (3) prestasi belajar dan menjelaskan (4) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (5) pengaruh intensitas bermain game terhadap prestasi belajar (6) pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 328 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik stratified cluster random sampling yang berjumlah 105 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orang tua termasuk kategori kurang baik 49 96% intensitas bermain game 8804 2 jam 85 29% prestasi belajar berkategori baik dengan rentangan nilai 76-100. Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar dengan melihat model regresi yang dihasilkan yaitu Y 527 310 0 279X1 0 298X2 dimana Y adalah prestasi belajar (X1) perhatian orang tua dan (X2) intensitas bermain game. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perhatian orang tua berkategori kurang baik intensitas bermain game 8804 2 jam prestasi belajar berkategori baik secara parsial ada pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar serta secara simultan ada pengaruh perhatian orang tua dan intensitas bermain game terhadap prestasi belajar siswa. Saran disampaikan kepada orang tua agar memberikan perhatian yang optimal kepada anak kepada siswa agar menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan kepada peneliti selanjutnya agar memperdalam penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dengan menambahkan variabel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104353

Actions (login required)

View Item View Item