Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS SDN Barang 4 Kota Malang / Fajar Ilmi Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS SDN Barang 4 Kota Malang / Fajar Ilmi Laili

Laili, Fajar Ilmi (2012) Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS SDN Barang 4 Kota Malang / Fajar Ilmi Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning Hasil Belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Bareng 4 Kota Malang menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa kurang. Karena dalam studi awal yang dilakukan oleh peneiti banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM bahkan ada yang mendapat nilai 0 pada studi awal tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa perlu untuk mengadakan penelitian berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi masalah-masalah sosial. Tujuan dari penelitian ayang membandingkan penggunaan model ini adalah (1). Untuk mengetahui bagamana hasil belajar sebelum menggunakan model Problem Based Learning (2). Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar sesudah menggunakan model Problem Based Learning (3). Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eskperimen semu (Quasi Experiment) . Data penelitian ini berupa nilai siswa yang diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan selama dua kali yang pertama tanpa menggunakan model pembelajaran dan yang kedua dengan menggunakan model Problem Based Learning. Dari dua nilai tersebut kemudian dibandingkan untuk di uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan nilai yang diperoleh siswa antara yang menggunakan model dan tidak menggunakan model. Pada pembelajaran pertama rata-rata nilai siswa yaitu sebesar 58 00 dan rata-rata hasil pembelajaran sesudah menggunakan model Problem Based Learning yaitu sebesar 85 73. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dan tanpa menggunakan model. Selain dapat meningkatkan hasil belajar penggunaan model dapat meningkatkan aktifitas juga. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam penggunaan model Problem Based Learning aktifitas siswa semakin meningkat . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena ada perbedaan rata-rata nilai siswa. Dari penelitian ini disarankan pada guru IPS khususnya dikelas 4 agar lebih inovatif dalam menggunakan model pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. Karena dengan penggunaan model tersebut dapat meningkatkan aktfitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menyenangkan akan memberikan makna tersendiri bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104351

Actions (login required)

View Item View Item