Perbedaan hasil belajar siswa dengan media boneka tongkat dan tanpa media boneka tongkat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerita anak di kelas V SDN Lesanpurom 03 Kota Malang / Denna Delawanti Chrisyarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa dengan media boneka tongkat dan tanpa media boneka tongkat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerita anak di kelas V SDN Lesanpurom 03 Kota Malang / Denna Delawanti Chrisyarani

Chrisyarani, Denna Delawanti (2012) Perbedaan hasil belajar siswa dengan media boneka tongkat dan tanpa media boneka tongkat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerita anak di kelas V SDN Lesanpurom 03 Kota Malang / Denna Delawanti Chrisyarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasilbelajarsiswa media bonekatongkat tanpa media bonekatongkat bahasa Indonesia. Bonekamerupakanjenismedia yang dipergunakanuntukmemperlihatkanpermainan.Selainitu media bonekatongkatsengajadipilihpenelitiuntukditerapkan karenadipandangmemilikikelebihandankekhasan yang sesuaidengankepribadiansiswa yaitusiswamasihsenangbermain bergerak senangbekerjadalamkelompok dansenangmerasakanataumelakukansesuatusecaralangsung.Untukmemecahkanpermasalahanhasilbelajarsiswa yang masihterbilangkurangdalammemahamimatapelajaranbahasaIndoensia khususnyamatericeritaanak penelitiberupayauntukmemperkenalkan media bonekabonekatongkatuntukdigunakandalam proses pembelajaran. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikandanmenjawabhipotesisberdasarkanrumusanmasalahtentanghasilbelajarsiswadengan media bonekatongkatdantanpa media bonekatongkat sertaperbedaanhasilbelajarsiswakeduakelas yang dibandingkantersebut.Siswa yang ditelitiadalahsiswakelas VA dan VB SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjenisquasi eksperimen.Data penelitianberupahasilpenelitianberupaanalisis-analisisstatistik.Pengumpulan data yang diperolehdenganmenggunakansoalpre testdanpost testyang telahdikerjakansiswa. Instrumen yang digunakanadalahchecklist instrument perlakuandanpengukuranberupates.Kegiatananalisis data dimulaidenganmelakukanujicobasoalpre testdanpost testsebelumsoaltersebutdigunakan di tempatpenelitian kemudiananalisisbutirsoal melakukanpenelitian pengujianprasyarat ujibeda rata-rata danpengujianhipotesi yang merupakanjawabansementaradarirumusanmasalah. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperoleh 3 kesimpulan yang terkaitdarirumusanmasalahpeneliti.Pertama hasilbelajarsiswakelompokeksperimen (kelas VA) denganmenggunakan media bonekatongkatdiperolehskor rata-rata darikemampuanakhiryaitu 86 49. Kedua hasilbelajarsiswakelompokkontrol (kelas VB) tanpamenggunakan media bonekatongkatdiperolehskor rata-rata darikemampuanakhiryaitu 78 16. Ketiga darihasilrata-rata nilai yang diperolehdariduakelas menunjukkanbahwasiswakelompokeksperimenmemiliki rata-rata nilailebihtinggidibandingkansiswakelompokkontrol. Hal tersebutjugadiperkuatdenganadanyapengujianhipotesisdenganujiU Mann Whitneypadanilaigain skor yang merupakanselisihdarihasilpost testdanpre testkelaseksperimendankelaskontrol kemudiandiperolehnilaiSig. (2-tailed) 0 019 0 05 5% dengankesimpulan Ho ditolakdan Ha diterima. Sehinggadinyatakanterdapatperbedaan yang signifikanpadahasilbelajarsiswaantara yang diajarmenggunakan media bonekatongkatdantanpa media bonekatongkatpadamatapelajaranbahasa Indonesia di kelas V SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Berdasarkankesimpulanhasilbahasan di atas makauntukmeningkatkankualitaspembelajaran di masa yang akandatang beberapa saran yang dapatmenjadibahanpertimbanganuntukkemajuansiswaadalahagar guru dapatmenggunakanmedia bonekatongkatsebagaisalahsatualternatifpilihandalam proses pembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa yang optimal. Bagipenelitiselanjutnya diharapkanlebihmampumengembangkanhasilpenelitianini denganmateri yang berbedadansebagailandasanatauacuanuntukpenelitianselanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104350

Actions (login required)

View Item View Item