Penerapan model Team assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Gandekan 01 Kabupaten Blitar / Zuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Team assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Gandekan 01 Kabupaten Blitar / Zuliati

Zuliati (2012) Penerapan model Team assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Gandekan 01 Kabupaten Blitar / Zuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model TAI Aktivitas belajar Hasil belajar IPS Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa pembelajaran IPS kelas IV di SDN Gandekan 01 masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran lebih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menawarkan model Team Assisted Indivdualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Gandekan 01 Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan model TAI pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gandekan 01 (2) aktivitas siswa kelas IV SDN Gandekan 01 selama pembelajaran IPS dengan model TAI (3) hasil belajar siswa kelas IV SDN Gandekan 01 setelah diterapkan model TAI. Penelitian ini dilakukan di SDN Gandekan 01 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 sisa perempuan. Jenis yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi dengan guru kelas IV di SDN Gandekan 01. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gandekan 01 dengan kompetensi dasar mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya . Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model TAI pada pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 74 075% dan pada siklus II meningkat menjadi 92 29 %. Aktivitas siswa meningkat yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 65 5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87 9%. Aktivitas ini meliputi kegiatan dalam belajar mandiri menyampaikan pendapat kerja sama dan menjawab soal kuis. Hasil belajar juga meningkat pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 74 1% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86 15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model TAI serta memperhatikan kekurangan yang dipaparkan dalam penelitian ini seperti pengelolaan kelas dan pengalokasian waktu harus diperhatikan dan bagi siswa hendaknya terlibat aktif dalam pelaksanaan setiap tahap dari model TAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104349

Actions (login required)

View Item View Item