Pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar se-gugus IV Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Selvy Rizki Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar se-gugus IV Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Selvy Rizki Amalia

Amalia, Selvy Rizki (2012) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar se-gugus IV Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Selvy Rizki Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Menyelenggarakan evaluasi merupakan bagian dari kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru sehingga seorang guru tidak dapat melepaskan diri dari tugas memberikan pengukuran dan penilaian. Dengan dilakukannya evaluasi guru akan mengetahui keberhasilan belajar peserta didiknya dan menjadi umpan balik bagi guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran selanjutnya. Dalam pelaksanaan evaluasi perkembangan peserta didik diklasifikasikan ke dalam tiga ranah. Menurut Bloom tiga ranah tersebut yaitu ranah kognitif ranah afektif dan ranah psikomotor. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus IV Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru IPS kelas IV yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang telah diperoleh dengan langkahlangkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan dilakukan dengan ketekunan pengamatan triangulasi teknik dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa guru tidak melakukan evaluasi selama proses pembelajaran berlangsung acuan yang digunkan adalah kriteria ketuntasan minimal (KKM) guru tidak membuat kisi-kisi untuk soal evaluasi evaluasi diagnostik dilakukan dengan pengayaan dan remedial evaluasi cenderung pada ranah kognitif tidak terdapat kriteria khusus dalam penilaian afektif guru tidak melaksanakan evaluasi pada ranah psikomotor. Kesimpulannya pertama pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi formatif sumatif dan psikomotor dan hanya mengacu pada ketercapaian KKM. Kedua evaluasi pembelajaran IPS dilaksanakan pada setiap akhir proses pembelajaran setiap penyelesaian beberapa proses pembelajaran beberapa KD standar kompetensi dan beberapa satandar kompetensi. Ketiga pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPS kelas IV belum sepenuhnya sesuai dengan domain hasil belajar. Hal ini berarti bahwa dalam pelaksanaan evaluasi sebaiknya menggunakan acuan KKM dan ketercapaian tujuan instruksional serta memperhatikan semua tingkatan dalam ranah pendidikan sebaiknya seorang guru dan calon guru menambah wawasan tentang evaluasi pembelajaran agar kelak menjadi guru yang profesional dan mempunyai pedagogi yang berkualitas dan alangkah lebih baik jika terdapat penelitian lebih mendalam tentang pelaksanaan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104347

Actions (login required)

View Item View Item