Perbedaan antara hasil belajar IPS yang diajar menggunakan metode mind mapping dengan metode konvensional di kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Agung Wibowo Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan antara hasil belajar IPS yang diajar menggunakan metode mind mapping dengan metode konvensional di kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Agung Wibowo Putro

Putro, Agung Wibowo (2012) Perbedaan antara hasil belajar IPS yang diajar menggunakan metode mind mapping dengan metode konvensional di kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Agung Wibowo Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mind mapping hasil belajar. Seorang guru memiliki peranan yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan program pendidikan.Guru tidak hanya mentransfer mencurahkan dan menyuplai berbagai ilmu pengetahuan kepada siswa tetapi juga diharapkan mampu menjadi motivator mediator fasilitator pembimbing konsultan dan mitra belajar siswa.Guru harus mampu mengejawantahkan potensi bakat dan minat siswa sehingga mampu mencari dan menemukan makna dari apa yang dipelajari. Salah satu metode pembelajaran yang Menyenangkan untuk dilihat dibaca dicerna dan diingat adalah metode mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode mind mapping dengan metode konvensional di Kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimen). Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN Lowokwaru 3 Kota Malang.tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Lowokwaru 3Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP LKS dan metode mind mapping Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Masing- masing intrumen terdiri dari 25 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping lebih baik daripada kelas control yang menggunakan metode konvensional.Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah sebesar 81 79 dengan persen ketuntasan 90 90% sedangkan kelas kontrol sebesar 74 33 dengan persen ketuntasan 83 33% . Uji t juga menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari paparan data di atas disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 yang diajar menggunakan metode Mind Mapping dengan yang tanpa menggunakan metode Mind Mapping pada materi pokok Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kesimpulan yang dapat berikan dalam penelitian ini yaitu metode Mind Mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas v di SDN lowokwaru 3 dengan materi pokok proklamasi kemerdekaan indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104344

Actions (login required)

View Item View Item