Penerapan model learning tournament untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Binangun 2 Blitar / Nayla Nurul Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model learning tournament untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Binangun 2 Blitar / Nayla Nurul Husna

Husna, Nayla Nurul (2012) Penerapan model learning tournament untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Binangun 2 Blitar / Nayla Nurul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Learning Tournament digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berkompetisi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pelajaran IPA di kelas IV SDN Binangun 2 diketahui bahwa 1) Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru (teacher center) 2) Sumber belajar yang digunakan belum bervariasi dan kurang membangkitkan antusias siswa 3) Metode yang digunakan kurang mengaktifkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) penerapan model Learning Tournament pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Binangun 2 Blitar 2) aktivitas siswa dalam belajar IPA di kelas IV SDN Binangun 2 Blitar selama diterapkan model Learning Tournament 3) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Binangun 2 Blitar setelah diterapkan model Learning Tournament. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Binangun 2 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes observasi dan dokumen berdasarkan rambu-rambu pedoman observasi. Penerapan model Learning Tournament mengalami peningkatan dari 82 5% menjadi 95%. Aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 11 5%. Sedangkan persentase ketuntasan siswa pada pra tindakan sebesar 13 33% meningkat pada siklus I sebesar 40% dan pada siklus II meningkat menjadi 93 33%. Penerapan model Learning Tournament dapat membuat semua siswa lebih banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator. Penerapan model ini juga berhasil merubah aktivitas siswa yang semula kurang aktif menjadi aktif dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peneraparan model Learning Tournament pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Binangun 2 Blitar memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep dari berbagai sumber belajar. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA meningkat selama menerapkan model Learning Tournament. Saat guru menerapkan model Learning Tournament manajemen waktunya masih belum baik. Waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran dirasa masih kurang. Jadi disarankan apabila menerapkan model ini pembagian kelompok dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104343

Actions (login required)

View Item View Item