Analisis buku sekolah elektronik (BSE) matematika kelas V semester 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pasuruan / Khikmatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku sekolah elektronik (BSE) matematika kelas V semester 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pasuruan / Khikmatul Jannah

Jannah, Khikmatul (2012) Analisis buku sekolah elektronik (BSE) matematika kelas V semester 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pasuruan / Khikmatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Buku BSE Matematika. Banyaknya buku yang beredar termasuk buku Matematika memberikan banyak pilihan bagi para pengguna buku dalam menentukan buku yang digunakan. Hal tersebut menyebabkan timbulnya permasalahan dimana guru dan siswa seringkali bingung untuk menentukan buku teks mana yang sesuai untuk digunakan. Dari hasil wawacara dan angket peneliti dengan guru kelas V di 5 madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Pasuruan diketahui bahwa buku teks yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitu BSE karangan RJ. Soenarjo. Perlu diadakannya analisis yang lebih mendalam terhadap buku ajar tersebut dalam hal ini BSE karangan RJ. Soenarjo apakah BSE tersebut benar-benar memenuhi kriteria buku ajar yang baik Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendiskripsikan tingkat relevansi isi materi dengan kurikulum (2) mendiskripsikan kebenaran konsep pada buku teks (3) mendiskripsikan kebenaran bahasa dan penulisan dalam buku teks serta (4) mendiskripsikan kesesuaian ilustrasi yang disajkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitataif dengan jenis penelitian analisis isi karena yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini yaitu dokumen yang berupa buku teks. Dari hasil survey di 5 MI di Kabupaten Pasuruan didapatkan buku yang banyak digunakan yaitu BSE Matematika Kelas V terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan RJ. Soenarjo. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase (%). Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa relevansi isi materi dengan kurikulum masih terdapat ketidaksesuaian dengan indikator yang dicapai. Untuk kebenaran konsep pada materi masih terdapat konsep yang tidak benar. Ketepatan bahasa dan penulisan masih ada yang tidak sesuai dengan kaidah dan tata bahasa Indonesia. Kesesuaian ilustrasi masih terdapat kekurangan karena terdapat gambar yang tidak sesuai dengan keterangan pada buku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa relevansi isi materi dengan kurikulum sudah sesuai sedangkan muatan materi berdasarkan konsep tergolong cukup sesuai. Untuk ketepatan bahasa dan penulisan sudah sesuai dengan kaidah dan tata bahasa Indonesia dan kesesuaian ilustrasi sudah sesuai untuk pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan meskipun masih ada beberapa ilustrasi yang kurang sesuai. Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam buku ajar tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Hal tersebut supaya tidak terjadi kesalahpahaman siswa dalam mempelajari materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104342

Actions (login required)

View Item View Item