Penerapan pembiasaan, metode bercerita dan keteladanan guru sebagai upaya untuk membangun karakter siswa kelas 2 SDN Lowokwaru 3 Malang / Armellia Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembiasaan, metode bercerita dan keteladanan guru sebagai upaya untuk membangun karakter siswa kelas 2 SDN Lowokwaru 3 Malang / Armellia Ulfa

Ulfa, Armellia (2012) Penerapan pembiasaan, metode bercerita dan keteladanan guru sebagai upaya untuk membangun karakter siswa kelas 2 SDN Lowokwaru 3 Malang / Armellia Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan pembiasaan metode bercerita keteladanan guru karakter siswa SDN Lowokwaru 3 merupakan salah satu SD negeri di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang telah melaksanakan pendidikan karakter sejak awal tahun ajaran 2011/2012. Tetapi peneliti mengamati data dari papan poin pelanggaran yang ada di kelas 2 pada pertengahan semester ganjil cukup banyak terjadi pelanggaran yakni 31 kasus. Kasus pelanggarannya meliputi datang terlambat bertengkar dengan teman berbicara kotor tidak mengerjakan tugas atau PR dan ramai di kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan pembiasaan metode bercerita dan keteladanan guru sebagai upaya untuk membangun karakter baik siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan pembiasaan metode bercerita keteladanan guru karakter yang tampak pada siswa dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembiasaan metode bercerita dan keteladanan guru sebagai upaya untuk membangun karakter siswa kelas 2 SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. Penelitian ini dirancangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi angket wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model alir (flow model) dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini membahas pembangunan karakter siswa melalui penataan psikologi siswa yaitu dengan pembiasaan metode bercerita dan keteladanan guru di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembiasaan dilakukan dengan tiga cara yaitu pembiasaan rutin spontan dan terprogram. Metode bercerita diberikan guru setiap minggu yaitu pada hari Sabtu atau ketika sela pelajaran PKn yaitu dengan mengkondisikan siswa terlebih dulu membuka cerita menutup cerita dan evaluasi. Serta bentuk keteladanan guru yang diterapkan yaitu datang dan pulang tepat waktu menyambut kedatangan siswa dengan senyum sapa memakai seragam dan atribut rapi ikut serta kegiatan kerja bakti dan pembiasaan siswa memberi kesempatan siswa untuk berpendapat menghargai segala kreativitas dan hasil usaha siswa peduli terhadap lingkungan sekitar membimbing dan mengajar dengan ulet dan sabar ikut berpartisipasi dalam kegiatan unjuk kreativitas siswa berperilaku sopan berkata jujur dan pekerja keras. Karakter yang tampak yaitu karakter religius siswa mencapai rata-rata 88% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A karakter toleransi siswa mencapai rata-rata 84 4% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A karakter disiplin siswa mencapai rata-rata 78 2% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A karakter kerja keras siswa mencapai rata-rata 81% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A karakter mandiri mencapai rata-rata 90 6% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A dan karakter peduli lingkungan siswa mencapai rata-rata 84 5% dengan kriteria nilai jika dikualitatifkan yaitu A. Karakter yang sudah terbangun di sekolah diharapkan di rumah orang tua juga selalu berupaya untuk mempertahankan karakter tersebut sehingga perlu adanya kerjasama antara orang tua dengan guru untuk mendukung kegiatan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104340

Actions (login required)

View Item View Item