Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran IPA materi posisi bulan di kelas IV SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran IPA materi posisi bulan di kelas IV SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Yuliana

Yuliana (2012) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran IPA materi posisi bulan di kelas IV SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran CD Interaktif IPA posisi bulan SD Pemakaian media dalam pembelajaran akan memudahkan tingkat pemahaman siswa pada materi yang disampaikan. Pengembangan media ini diperlukan untuk mempermudah siswa memahami materi posisi bulan karena bulan tidak bisa diamati secara langsung ketika pembelajaran berlangsung. Materi tersebut memerlukan penjelasan detail mengenai akibat dari gravitasi bulan gerak bulan dan fase-fase bulan. Sehingga dengan dikembangkan CD interaktif dengan program macromedia flash materi-materi tersebut dapat disampaikan di ruang kelas dengan menggunakan media yang sesuai dan menyerupai benda aslinya. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berupa CD interaktif yang dapat menggabungkan antara teks gambar video dan animasi. Menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang memenuhi kelayakan bedasarkan ahli dan menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA di kelas IV pada materi posisi bulan. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif yang terdiri dari kegiatan identifikasi masalah perancangan produk awal validasi ahli revisi berdasarkan validasi ahli uji coba perseorangan revisi produk berdasarkan hasil uji coba perseorangan revisi dan produk akhir. Data penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media ahli materi uji coba perseorangan serta data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini telah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan bahwa hasil perhitungan (1) dari ahli materi menunjukkan presentase 95% (2) dari ahli media menunjukkan presentase 91 25 % (3) dari uji coba perseorangan yaitu guru kelas IV menunjukkan presentase 93 8% dan uji coba lapangan terbatas menunjukkan persentase 96 8 %. Hasil rata-rata kelompok A yang menggunakan media pembelajaran CD interaktif sebanyak 84 74. Sedangkan kelompok B yang diajar tanpa menggunakan CD interaktif memiliki nilai rata-rata sebanyak 76 11. Terdapat selisih rata-rata sebanyak 8 63. Disarankan kepada pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk materi lainnya dan membuat modul materi tentang posisi bulan sehingga dapat mendukung media pembelajaran CD interaktif ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104338

Actions (login required)

View Item View Item