Penerapan problem solving menurut polya untuk meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN Pojok 01 Kabupaten Blitar / Yekti Tri Seto Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem solving menurut polya untuk meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN Pojok 01 Kabupaten Blitar / Yekti Tri Seto Palupi

Palupi, Yekti Tri Setyo (2012) Penerapan problem solving menurut polya untuk meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN Pojok 01 Kabupaten Blitar / Yekti Tri Seto Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar luas persegi panjang problem solving Proses pembelajaran matematika di SDN Pojok 01 guru hanya menerangkan materi berdasarkan yang terdapat pada buku dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sulitnya memberikan bimbingan siswa untuk menemukan prosedur atau cara dalam pemecahan masalah yang mudah dipahami dan diterapkan siswa. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi luas persegi panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan problem solving menurut polya untuk meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang di kelas III SDN Pojok 01 kabupaten blitar serta mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran luas persegi panjang melalui model problem solving di kelas III SDN Pojok 01 kabupaten blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas III SDN Pojok 01 Kabupaten Blitar dengan jumlah 15 siswa. Teknik yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) tes (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model Problem Solving pada materi luas persegi panjang yaitu memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana dan pemeriksaan kembali. Hasil penelitian ini melalui model Problem Solving dapat mengatasi masalah pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 33 33% pada siklus I 80% pada siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan problem solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pojok 01 oleh karena itu disarankan model problem solving dapat dijadikan alternatife untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika selanjutnya. Sebaiknya dalam penilaian hasil belajar siswa guru tidak hanya berpedoman pada tes tulis tetapi juga menerapkan penilaian proses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104335

Actions (login required)

View Item View Item