Pembelajaran tematik di kelas II SDN percobaan 2 Malang / Dwi Erna Fitrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran tematik di kelas II SDN percobaan 2 Malang / Dwi Erna Fitrianti

Fitrianti, Dwi Erna (2012) Pembelajaran tematik di kelas II SDN percobaan 2 Malang / Dwi Erna Fitrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran tematik. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik sedangkan pada kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran. Menurut Depdiknas (2006 5) pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran yang termasuk salah satu tipe/jenis model pembelajaran terpadu. Pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa .Namun dalam pelaksanaan pembelajaran tematik tidak dapat dilaksanakan secara murni. Pada observasi awal pada pelaksanaan pembelajaran tematik menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik masih menunjukkan batasn per mata peljaran.Guru mengalami kesulitan ketika melaksanakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa matapelajaran. Kesulitan ini meliputi penggunaaan media materi yang yang sesuai tema alokasi waktu dan sistem penilaiannya. Siswa juga terlihat bingung ketika pelaksanaan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berkarakter studi kasus. Data penelitian ini berupa paparan tentang pembelajaran tematik yang dilaksaanakan di SDN Percobaan 2 malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi angket dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan triangulasi dan pembahasan dengan teman sejawat. Kagiatan analisis meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 2 kesimpulan sebagai berikut. Pertama pelaksanaan pembelajaran tematik belum dilaksanakan secara maksimal karena a) pengalaman pembelajaran yang diterpkan guru berorientasi ke mata pelajaran sehingga susah untuk mengubah ke pola pikir tematik b) setting/latar aturan lembaga yang nampak masih memisah-misah mata pelajaran baik dari jadwal media buku maupun gurunya c) pemahaman guru tentang pembelajaran tematik belum maksimal d) pemahaman guru tentang sistem penilaian pembelajaran tematik belum maksimal e) bentuk semua penilaian baik UTS UAS dan raport yang masih per mata pelajaran. Kedua dampak pembelajaran tematik terhadap belajar dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Percobaan 2 Malang. 1) Pembelajaran di kelas ada siswa yang lebih senang dan aktif dengan pembelajaran tematik tetapi ada juga yang lebih senang dengan pembelajaran biasa per mata pelajaran karena kalau pembelajaran tematik ada yang bingung. 2) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pembelajaran tematik tidak memberikan pengaruh yang besar dalam hasil belajar siswa karena pelaksanaan pembelajaran tematik ini tidak murni dilaksanakan secara penuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan hendaknya sekolah mengadakan workshop tentangpembelajaran tematik di awal semester sebelum melaksanakan pembelajaran agar pembelajaran tematik yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Kemudian diadakan perbaikan sistem pembelajaran baik dari jadwal media dan sumber buku dibuat secara tematik bukan per mata pelajaran. Untuk media dan sumber seharusnya ada dukungan yang penuh dari sekolah dengan menyediakan media dan sumber yang bervariasi untuk pengembangan pembelajaran tematik ini. Dalam pelaksanaan guru seharusnya mempersiapkan dengan baik dari segi RPP media sumber materi dan penilaian agar pembelajaran tematik dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104331

Actions (login required)

View Item View Item