Purwatiningsih, Eny (2012) Peningkatan hasil belajar perkalian melalui quantum teaching teknik tandur di kelas II SDIT Al Hikmah Bence / Eny Purwwatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar perkalian Quantum Teaching Teknik TANDUR Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas II SDIT Al Hikmah Bence dalam pembelajaran matematika materi perkalian metode maupun strategi yang digunakan kurang tepat. Pembelajaran terasa monoton.Akibatnya sebagian besar siswa merasa bosan dan jenuh pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil belajar pada tahap pratindakan diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa 48% (14 siswa). Untuk itu diperlukan alternatif perbaikan dengan menerapkan Quantum Teaching Teknik TANDUR. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan Quantum Teaching Teknik TANDUR untuk meningkatkan hasil belajar perkalian siswa kelas II SDIT Al Hikmah Bence (2) Apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDIT Al Hikmah Bence pada materi perkalian melalui Quantum Teaching teknik TANDUR Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika dengan teknik TANDUR dapat meningkatkan aktivitas guru aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil rekapitulasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 77% pada siklus 1 menjadi 97% pada siklus 2. Berdasarkan hasil rekapitulasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan siswa 71%. Sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 89%. Hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan siswa 63% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Quantum Teaching Teknik TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian pada siswa kelas II SDIT Al Hikmah Bence. Agar lebih efektif dalam menerapkan teknik ini disarankan Sekolah hendaknya senantiasa melakukan inovasi demi berkembangnya kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Selain itu peneliti hendaknya lebih peka terhadap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga mampu menggunakan berbagai model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasinya. Siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran dan mau bekerjasama dalam menyelesaikan masalah.Guru lebih mengembangkan kompetensi dalam menerapkan berbagai model pembelajaran dan senantiasa memberikan motivasi siswa untuk terus berprestasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |