Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SDN Mlancu III Kabupaten Kediri / Nova Primala - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SDN Mlancu III Kabupaten Kediri / Nova Primala

Primala, Nova (2012) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SDN Mlancu III Kabupaten Kediri / Nova Primala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis narasi model mind mapping hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Mlancu III diperoleh nilai yang sangat rendah dari 18 siswa hanya ada 6 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sedangkan 12 siswa berada di bawah KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan 1) pada saat pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif sehingga siswa cenderung pasif dan kurang bersemangat untuk belajar 2) dalam kegiatan pembelajaran menulis narasi sebagian besar siswa tidak tahu apa yang hendak ditulis siswa hanya menulis judulnya dan hasilnya siswa tidak dapat menyusun kalimat dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping di kelas IV SDN Mlancu III Kabupaten Kediri dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel dianalisis dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam menulis narasi diketahui bahwa Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61 dan siklus II meningkat menjadi 69. Secara klasikal pada pratindakan ketuntasan belajar hanya mencapai 33%. Sedangkan di siklus I mengalami kenaikan menjadi 44%. Begitu juga di siklus II ketuntasan belajar kelas mengalami kenaikan lagi sebesar 81% dengan jumlah 18 siswa. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil keterampilan menulis naras siswa. Dengan demikian hendaknya hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam menguasai materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104329

Actions (login required)

View Item View Item