Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Sawojajar 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iffah Qurrotul A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Sawojajar 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iffah Qurrotul A'yun

A'yun, Iffah Qurrotul (2012) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Sawojajar 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Iffah Qurrotul A'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perpustakaan sekolah dasar sumber belajar Pendidikan merupakan indikator penting dalam perkembangan suatu bangsa. Agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan secara optimal maka sarana dan prasarana di sekolah harus terpenuhi. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar karena perpustakaan sekolah merupakan salah satu pusat sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran umum perpustakaan SDN Sawojajar 6 2) mengetahui sumber belajar yang tersedia di SDN Sawojajar 6 dan 3) mengetahui pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Sawojajar 6. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dokumentasi dan observasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data (reduction data) penyajian data (display data) dan verifikasi data (conclution drawing). Sedangkan untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa 1) perpustakaan SDN Sawojajar 6 memiliki tujuan sarana dan prasarana struktur organisasi program dan pendanaan dan pelayanan sirkulasi 2) sumber-sumber belajar yang tersedia bagi siswa di SDN Sawojajar 6 yaitu a) sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) terdiri dari perpustakaan sekolah media pembelajaran dan guru dan b) sumber belajar yang tidak dirancang (learning resources by utilization) terdiri dari lingkungan sekitar sekolah sesama teman dan pengalaman siswa 3) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Sawojajar 6 yaitu a) sebagai sarana untuk melatih siswa belajar mandiri b) siswa dapat menyelesaikan tugas-tugasnya menggunakan bahan pustaka yang tersedia c) sebagai sarana untuk menanamkan kebiasaan membaca d) sebagai sarana untuk membiasakan siswa bertanggungjawab dan disiplin dan e) siswa dapat memperoleh informasi tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah bagi kepala sekolah yaitu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengembangan perpustakaan. Sedangkan bagi petugas perpustakaan yaitu perlu adanya perencanaan dan pelaksanaan program perpustakaan yang lebih baik dan lebih variatif. Sehingga perpustakaan SDN Sawojajar 6 dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar secara optimal oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104327

Actions (login required)

View Item View Item