Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran ular tangga di kelas IV SDN Balowerti 3 kota Kediri / Erna septiana wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran ular tangga di kelas IV SDN Balowerti 3 kota Kediri / Erna septiana wati

Wati, Erna Septiana (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran ular tangga di kelas IV SDN Balowerti 3 kota Kediri / Erna septiana wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar ilmu pengetahuan sosial model ular tangga Hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV pada waktu pembelajaran IPS adalah sebagai berikut 1) guru selalu mendominasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah sehingga cenderung monoton dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk aktif menuangkan idenya 2) komunikasi pembelajaran hanya satu arah kurang adanya interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa lainnya. Akibatnya nilai yang diperoleh siswa mayoritas berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dari 24 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat melampaui KKM atau sebesar 25%. Sedangkan 18 siswa lainnya nilainya belum dapat mencapai KKM yang telah ditentukan atau sebesar 75%. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran IPS peneliti mengadakan penelitian pembelajaran menggunakan model ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS melalui model ular tangga di SDN Balowerti 3 kota Kediri (2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan model ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Balowerti 3 kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan dengan 2 kali siklus pembelajaran. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ular tangga pada mata pelajaran IPS di kelas IV sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya nilai aktifitas siswa pada siklus II sebesar 95 8% dan juga meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran dari pratindakan sebesar 6 siswa pada siklus I sebesar 19 siswa dan siklus II sebesar 23 siswa yang belum tuntas 1 orang. Adanya siswa yang belum tuntas itu disebabkan karena adanya kelainan dalam perkembangan berpikir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model ular tangga dapat meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Balowerti 3 Kota Kediri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104325

Actions (login required)

View Item View Item