Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif guide note-taking di kelas V SDN Bawang 3 kota Kediri / Binti Mucholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif guide note-taking di kelas V SDN Bawang 3 kota Kediri / Binti Mucholifah

Mucholifah, Binti (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif guide note-taking di kelas V SDN Bawang 3 kota Kediri / Binti Mucholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci ilmu pengetahuan sosial hasil belajar pembelajaran aktif guided note-taking Kegiatan observasi yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPS di kelas V SDN Bawang 3 Kota Kediri menemukan hasil bahwa kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Akibatnya hasil belajar IPS rendah yaitu dari 41 siswa hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Untuk itu diperlukan perbaikan pada pembelajaran IPS melalui Pembelajaran Aktif Guided Note-Taking. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Aktif Guided Note-Taking pada pembelajaran IPS. Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui Pembelajaran Aktif Guided Note-Taking. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bawang 3 Kota Kediri. Data diperoleh dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran hasil tes evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Aktif Guided Note-Taking pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 52 2 pertemuan 2 adalah 53 3. Pada siklus 2 pertemuan 1 adalah 59 5 pada pertemuan 2 adalah 65 2. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat mulai dari siklus 1 yaitu 28 siswa mencapai nilai di atas KKM dan pada siklus 2 sebanyak 40 siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Aktif Guided Note-Taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas V SDN Bawang 3 Kota Kediri. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104323

Actions (login required)

View Item View Item