Penerapan model talking stik untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri / Winarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model talking stik untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri / Winarsih

Winarsih (2012) Penerapan model talking stik untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri / Winarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model talking stik hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peniliti di kelas IV diketahui bahwa dalam pembelajaran IPS sebagian besar siswa mencapai hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Dari 33 siswa hanya 11 siswa yang dinyatakan tuntas belajar sedangkan 22 siswa lainya memperoleh hasil belajar dibawah ketentuan ktiteria minimal. Persentase hasil belajar siswa juga masih belum mencapai 75% dari seluruh jumlah siswa di kelas.Hal ini disebabkan karena ketika mengajar guru masih menggunakn model pembelajaran tardisional yaitu ceramah saja. Kenyataan inilah yang melatarbelakangi diadakannya penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan model Talking Stik dalam pembelajaran IPS kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri 2) apakah penerapan model Talking Stik dapat meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri dengan jumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh dari observasi tes akhir pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Talking Stik dapat meningkatkan aktivitas siswa Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus II yang mencapai 83%.2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Talking Stik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Dengan jumah rata-rata siswa yang tuntas belajar pada pra siklus sejumlah 11 siswa pada siklus I sejumlah 17 siswa dan pada siklus II sejumlah 26 siswa dari 33 siswa di SDN Blabak 3. Adanya siswa yang belum tuntas disebabkan karena ada beberapa siswa yang tidak mau bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dipahami saat siswa membaca atau mencari sendiri materi dari buku. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stik dapat meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Blabak 3 Kota Kediri 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104322

Actions (login required)

View Item View Item