Pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V di SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Nurul Isma Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V di SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Nurul Isma Hidayah

Hidayah, Nurul Isma (2012) Pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V di SDN Ketawanggede 1 Kota Malang / Nurul Isma Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci konsiderasi berbicara SD Kemampuan berbicara harus dimiliki siswa kelas V khususnya kemampuan berdiskusi karena merupakan tuntutan kompetensi dasar kurikulum 2006. Salah satu cara agar kemampuan berbicara siswa menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan sebuah model pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini mencari pengaruh model pembelajaran konsiderasi yang dikembangkan terhadap kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Ketawanggede 1 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di SDN Ketawanggede 1 Kota Malang pada tanggal 25 April sampai 28 April 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes kemampuan berbicara yaitu pedoman penilaian dan checklist. Adapun data penelitian ini adalah nilai kemampuan berbicara siswa dari segi pemahaman isi pembicaraan kualitas gagasan yang dikemukakan tata bahasa kosa kata dan kelancaran berbicara dalam menyampaikan pendapat pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara setelah pengujian hipotesis pada aspek pemahaman isi pembicaraan kualitas gagasan yang dikemukakan tata bahasa kosa kata dan kelancaran berbicara dalam menyampaikan pendapat diperoleh hasil bahwa hanya 3 aspek yang mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dari kelima aspek yang dinilai yaitu aspek pemahaman isi pembicaraan kualitas gagasan dan kosa kata sedangkan pada aspek tata bahasa dan kelancaran berbicara tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Terbukti pada kemampuan berbicara siswa dengan taraf kesalahan 5 % dan dk 1 maka harga 967 2 tabel 3 841 dari aspek pemahaman isi pembicaraan ternyata harga 967 2 hitung dari harga 967 2 tabel yaitu 24 42 3 841 dari aspek kualitas gagasan ternyata harga 967 2 hitung dari harga 967 2 tabel yaitu 4 497 3 841 dan pada aspek kosa kata ternyata harga 967 2 hitung dari harga 967 2 tabel yaitu 4 10 3 841. Sedangkan pada aspek tata bahasa ternyata harga 967 2 hitung dari harga 967 2 tabel yaitu 2 355 3 841 dan pada aspek kelancaran berbicara ternyata harga 967 2 hitung dari harga 967 2 tabel yaitu 0 031 3 841. Berdasarkan analisis data tersebut disimpulkan Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran konsiderasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V di SDN Ketawanggede 1 Kota Malang pada aspek pemahaman isi pembicaraan kualitas gagasan dan kosa kata. Selain itu dapat disarankan bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya bisa menerapkan pembelajaran berbicara dengan menggunakan model pembelajaran konsiderasi sebab kemampuan berbicara siswa menjadi lebih baik dari segi pemahaman isi pembicaraan kualitas gagasan dan kosa kata. Bagi peneliti lain jika ingin melakukan penelitian dengan model pembelajaran konsiderasi disarankan untuk dilakukan pada subjek penelitian yang lebih luas jenjang pendidikannya dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa pada aspek penilaian berbicara hendaknya lebih ditingkatkan lagi pada faktor kebahasaan dan non kebahasaan dengan menambahkan aspek yang dinilai dalam mengukur kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104321

Actions (login required)

View Item View Item