Pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Rejosari 01 Bantur / Puji Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Rejosari 01 Bantur / Puji Astutik

Astutik, Puji (2012) Pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Rejosari 01 Bantur / Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media CD Interaktif Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS. Upaya untuk menciptakan pembelajaran IPS yang menarik selain memilih model dan metode juga harus diperhatikan pemilihan media yang tepat. Melalui media pembelajaran materi yang disampaikan akan lebih mudah dan jelas. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Rejosari 01 Bantur di kelas IVB pada tanggal 13 20 September 2011 serta IVA pada tanggal 15 22 September 2011 ditemukan kenyataan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan tanpa menggunakan media. Aktivitas belajar peserta didik kurang karena hanya membaca dan mengerjakan latihan di LKS. Hasil wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah diperoleh keterangan bahwa selama semester ganjil hanya sekali menggunakan media dalam pembelajaran. Belum pernah ada yang memanfaatkan CD interaktif komputer dan laptop yang ada untuk pembelajaran. Berdasarkan data nilai murni UAS Ganjil tahun pelajaran 2011/2012 nilai IPS kelas IV tergolong rendah. Media CD interaktif adalah media berbantuan komputer yang dikemas dalam CD dengan tujuan aplikasi interaktif di dalamnya. Media CD interaktif tersedia dalam tiga model yaitu model tutorial drill dan game. Model CD interaktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah model tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (Quasy Experimental Design) dan desain perlakuan Control Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB SDN Rejosari 01 Bantur. Pengambilan sampel menggunakan teknik dengan pertimbangan (purposive sampling). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (RPP) bahan ajar lembar kerja siswa (LKS)) instrumen pengukuran hasil belajar kognitif (tes tulis) dan instrumen pengukuran aktivitas belajar (lembar pengamatan aktivitas belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IVA (kelompok eksperimen) dan peserta didik kelas IV B (kelompok kontrol). Rata-rata nilai kemampuan akhir (post test) kelompok eksperimen 70 52 lebih tinggi dari pada rata-rata kelompok kontrol 61 22. Rata-rata peningkatan nilai hasil belajar (gain score) kelompok eksperimen 18 30 lebih tinggi dari pada rata-rata kelompok kontrol 8 36. Rata-rata aktivitas kelompok eksperimen 84 80 lebih tinggi dari pada rata-rata kelompok kontrol 69 04. Berdasarkan perbedaan aktivitas dan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Rejosari 01 Bantur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104320

Actions (login required)

View Item View Item