Analisis LKS IPA Kelas IV Semester 1 yang digunakan di Sekolah Dasar segugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Heni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis LKS IPA Kelas IV Semester 1 yang digunakan di Sekolah Dasar segugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Heni Wulandari

Wulandari, Heni (2012) Analisis LKS IPA Kelas IV Semester 1 yang digunakan di Sekolah Dasar segugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Heni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci LKS IPA Evaluasi. Lembar Kegiatan Siswa adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa yang berisi petunjuk mencakup materi pokok secara singkat soal-soal evaluasi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas dapat berupa teori dan atau praktik. Dengan menggunakan LKS dalam pengajaran akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian guru bertanggung jawab penuh dalam memantau siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi dengan kurikulum kebenaran bahasa ketersediaan media gambar kesesuaian isi LKS dengan syarat didaktif kontruksi dan teknik serta pertanyaan-pertanyaan berdasarkan aspek kognitif afektif dan psikomotor menurut Taksonomi Bloom pada LKS IPA kelas IV semester 1 yang digunakan di Sekolah Dasar Se Gugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar se gugus 7 Kecamatan Kepanjen yang terdiri dari 8 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase (%). Hasil penelitian analisis LKS IPA kelas IV semester 1 yang digunakan di sekolah dasar Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kesesuaian materi dengan kurikulum memperoleh 78 57% kebenaran bahasa pada ke-4 LKS termasuk dalam kategori sedang ketersediaan media gambar yang digunakan cukup inovatif kesesuaian isi dengan syarat didaktif memperoleh 80% syarat kontruksi memperoleh 70% dan syarat teknis memperoleh 92 86% serta pertanyaan-pertanyaan dari ke-4 LKS memperoleh 100% hanya terdapat ranah kognitif. Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan LKS yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam LKS tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Lebih bagus apabila dalam mengajar seorang guru mampu membuat LKS sendiri sesuai dengan ketentuan ilmiah yang ada dan sesuai kriteria dalam kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104318

Actions (login required)

View Item View Item