Studi perbandingan penggunaan dekak-dekak dengan penggunaan potongan batang lidi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SDN Gadang IV Kota Malang / Lintang Fajar Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan penggunaan dekak-dekak dengan penggunaan potongan batang lidi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SDN Gadang IV Kota Malang / Lintang Fajar Kusuma Wardani

Wardani, Lintang Fajar Kusuma (2012) Studi perbandingan penggunaan dekak-dekak dengan penggunaan potongan batang lidi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SDN Gadang IV Kota Malang / Lintang Fajar Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci dekak-dekak potongan batang lidi hasil belajar penjumlahan dua bilangan siswa SD Pada tahapan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar sudah bisa berpikir logis tentang berbagai hal termasuk hal yang agak rumit tetapi dengan syarat bahwa hal-hal tersebut disajikan secara konkret. Media merupakan alat yang mampu menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara dengan guru kelas yang dilakukan oleh peneliti di kelas 1 SDN Gadang 4 Kecamatan Sukun Kota Malang terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa sering mengalami kekeliruan dalam menuliskan urutan bilangan saat menggunakan cara bersusun pendek. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dimanakah letak satuan dan puluhan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gadang 4 Kota Malang. Sampel penelitian yaitu kelas 1A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas 1B sebagai kelas eksperimen 2. Langkah-langkah penelitian ini antara lain yaitu (1) pemberian pre-test (2) pemberian perlakuan media dekak-dekak untuk kelas 1A dan pemberian perlakuan batang lidi untuk kelas 1B (3) pemberian post-test. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test kelas eksperimen 2 yaitu 55 dan kelas eksperimen 1 yaitu 60. Pada pemberian post-test rata-rata kelas kelas eksperimen 2 yaitu 60 sedangkan kelas eksperimen 1 yaitu 66. Berdasarkan hasil uji homogenitas data kelas eksperimen 2 dan kelas eksperimen 1 mempunyai varians hasil belajar (post-test) yang homogen karena nilai probabilitas 0 936 0 05 dan F levene Statistic (hitung) 0 006 Ftabel (4 027). Hasil uji normalitas hasil belajar (post-test) menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal. Kelas kontrol 0 137 0 05 sedangkan kelas eksperimen 0 147 0 05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signikansi 0 032 0 05 pada taraf signifikansi 0 05. Selain itu juga diperoleh nilai thitung ttabel (2 218 2 009). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media dekak-dekak dengan batang lidi. Saran yang diberikan peneliti yaitu (1) bagi guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariatif untuk meningkatkan semangan belajar siswa. (2) bagi sekolah hendaknya media pembelajaran yang ada disekitar siswa dapat dijadikan sebagai referensi dan penunjang dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104317

Actions (login required)

View Item View Item