Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran Cooperative model intergrated Reading and Compesition (CIRC) pada siswa kelas V SDN II Kenoireng Kecamatan Besuki Tulungagung / Triaswuri Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran Cooperative model intergrated Reading and Compesition (CIRC) pada siswa kelas V SDN II Kenoireng Kecamatan Besuki Tulungagung / Triaswuri Kartikasari

Kartikasari, Triaswuri (2012) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran Cooperative model intergrated Reading and Compesition (CIRC) pada siswa kelas V SDN II Kenoireng Kecamatan Besuki Tulungagung / Triaswuri Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca Pemahaman Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) SD Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SDN II Keboireng kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca pemahaman didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi. Dari hasil pra tindakan diketahui bhwa dari 30 orang sisa hanya 5 orang yang mendapatkan nilai lebih dari KKM yang ditentukan yaitu 65 00. Untuk itu untuk agar dapat meningkatkan kemampan membaca pemahaman siswa maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Penelitian ini menggunakan jeni penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN II Keboireng kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru kelas sebagai observer. Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dapat dilaksanakan dengan efektif delam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Terbukti dari tercapainya hampir semua indikator sesai dengan RPP yang telah dibuat dengan baik. Aktivitas pembelajaran tersebut meliputi keaktifan dan kerjasama dalam kelompok. Hasil belajar aspek-aspek yang ditekankan adalah menjawab pertanyaan menemukan gagasan utama menceritakan kembali dan memberikan tanggapan sesuai teks bacaan. Hasil penelitian menunjukkn bahwa penerapan model CIRC untuk materi membaca pemahaman cerita rakyat maupun artikel sangat efektif. Kemampuan membaca pemahaman sisa melipuiti pemahaman literal inferensial kritis dan kreatif. Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 56 66 dengan prosesntase ketuntasan belajar sebesar 13 33% dan pada siklus II memperoleh rata-rata nilai ebesar 72 17% dengan prosesntase ketuntasan belajar sebesar 80 00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana rujukan penelian lebih lanjut dengan memperhatikan dan melakukan persiapan yang matang dalam pembagian tugas kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104314

Actions (login required)

View Item View Item