Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD terbitan pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional / Dani Prasetiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD terbitan pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional / Dani Prasetiyo

Prasetiyo, Dani (2012) Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD terbitan pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional / Dani Prasetiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial SD Bahan ajar merupakan bahan pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa dalam belajar. Bahan ajar yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar tertulis. Buku teks merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar terlebih bagi guru yang yang belum mampu membuat bahan ajar sendiri berdasarkan kurikulum yang berlaku. Buku teks yang baik adalah buku teks yang isinya sesuai dengan kurikulum yang berlaku karena memang buku teks pembuatannya mengacu pada kurikulum yang berlaku pada saat itu. Berdasarkan hasil kajian terhadap buku IPS kelas 4 terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia pada pokok bahasan peta pada minggu ke-3 bulan Desember ditemukan terdapat indikator yang belum muncul dalam buku teks tersebut. Indikator tersebut yaitu mendeskripsikan jenis-jenis peta maka ketika siswa membaca buku tersebut pengetahuan yang didapat siswa tidak menyeluruh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini bermaksud untuk mengetahui presentase kesesuaian indikator yang termuat dalam kurikulum dengan materi yang terdapat dalam buku teks dan kesesuaian buku teks dilihat dari aspek kognitif yang meliputi adanya fakta konsep dan generalisasi. Tidak hanya itu tetapi dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil analisis pada cakupan materi yang ada pada buku teks berdasarkan aspek afektif dan psikomotor serta mendeskripsikan hasil analisis evaluasi pada buku teks berdasarkan aspek kognitif afektif dan psikomotor. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks IPS SD kelas 4 terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia. Sampel pada penelitian ini diambil dengan cara sampel bertujuan (purposive sample). Berdasarkan hasil analisis terhadap buku teks terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia diketahui kesesuaian cakupan yang terangkum dalam buku IPS SD tersebut berdasarkan kurikulum dapat diketahui sangat sesuai. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Kompetensi Dasar 1.1 sampai Kompetensi Dasar 2.4 terdapat 53 materi pokok yang ingin dicapai. Materi pokok yang belum muncul ada 11 materi pokok atau 20 76% dan yang telah muncul berjumlah 42 materi pokok atau 79 24%. Dalam analisis selanjutnya diketahui kesesuaian cakupan yang terangkum dalam buku teks terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia berdasarkan aspek kognitif yang berupa fakta konsep dan generalisasi dapat dikatakan cukup sesuai. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis terdapat 78 fakta 103 konsep dan 25 generalisasi yang seharusnya dicapai. Dari data tersebut fakta yang belum muncul ada 29 atau 37 18% dan yang telah muncul ada 49 atau 62 82% konsep yang belum muncul ada 39 atau 37 86% dan yang telah muncul ada 64 atau 62 14% dan generalisasi yang belum muncul ada 5 atau 20 00% dan yang telah muncul ada 20 atau 80 00%. Selanjutnya dalam analisis buku teks terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia terhadap cakupan materi berdasarkan aspek afektif dan aspek psikomotor dapat dikatakan sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari 117 materi pelajaran yang ada pada buku tersebut hanya terdapat 20 materi pelajaran yang terdapat aspek afektif dan 97 materi pelajaran tidak terdapat aspek afektif. Sedangkan untuk aspek psikomotor dari 117 materi pelajaran yang ada hanya terdapat pada 9 materi pelajaran dan 108 materi pelajaran tidak terdapat aspek psikomotor. Dalam analisis selanjutnya diketahui soal evaluasi yang terdapat pada buku teks terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Irawan Sadad Sadiman dan Shendy Amalia berdasarkan aspek kognitif afektif dan psikomotor sangat tidak sesuai. Hal ini dapat dilihat dari 310 butir soal evaluasi yang ada pada buku tersebut hanya berada pada aspek kognitif sementara aspek afektif dan psikomotornya tidak muncul. Dari 310 butir soal kognitif tersebut 290 butir soal masuk pada C1 16 butir soal masuk pada C2 dan 4 butir soal masuk pada C3. Saran dalam penelitian ini yaitu guru sebagai pengajar hendaknya lebih selektif dalam memilih bahan ajar khususnya buku teks yang sesuai dengan kurikulum yang ada dan juga disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga materi yang terangkum dalam buku teks dapat dengan mudah dipahami oleh siswa sehingga membantu dalam belajar dan peneliti menyarankan agar peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sejenis namun cakupan analisisnya bisa lebih banyak misalnya dari aspek bahasa dan media dalam buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104311

Actions (login required)

View Item View Item