Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pemanfaatan lingkungan di kelas V SDN Ngadirejo 2 Kec. Tutur Kabupaten Pasuruan / Eis Saptaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pemanfaatan lingkungan di kelas V SDN Ngadirejo 2 Kec. Tutur Kabupaten Pasuruan / Eis Saptaningsih

Saptaningsih, Eis (2012) Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pemanfaatan lingkungan di kelas V SDN Ngadirejo 2 Kec. Tutur Kabupaten Pasuruan / Eis Saptaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis puisi lingkungan Pembelajaran di sekolah-sekolah masih banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya pembelajaran di SDN Ngadirejo II masih didominasi guru dengan metode ceramah akibatnya aktivitas dan hasil belajar tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses menulis. Salah satu alternatif yaitu pemanfaatan lingkungan sekolah dan Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan pemanfaatan lingkungan 2) implementasi pembelajaran penulisan puisi dengan pemanfaatan lingkungan dan 3) peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pemanfaatan lingkungan di Kelas V SDN. Ngadirejo II. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelak-sanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN Ngadi-rejo II Kecamatan Tutur Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 siswa. Data diperoleh melalui observasi tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan lingkungan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dari 62 1% pra tindakan menjadi 72 8% pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80%. Serta peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran mulai dari pra kegiatan sampai siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngadirejo II Kecamatan Tutur Pasuruan. Pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan ini membutuhkan waktu perhatian dan bimbingan guru yang lebih banyak. Karena memang pembelajaran ini sedikit menyulitkan bagi guru maupun siswa bila tidak direncanakan secara tepat. Untuk itu dalam penerapannya perlu diperhatikan penyusunan rencana pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu secara cermat tingkat kesulitan materi dan tingkat perkembangan anak didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104310

Actions (login required)

View Item View Item